BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Hindari 4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Jenis makanan yang menyebabkan jerawat pada umumnya adalah jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah yang pada akhirnya memicu meningkatnya insulin. Apabila insulin dalam tubuh meningkat hal ini dapat memacu suatu hormon yang berfungsi memproduksi minyak (androgens) yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat merupakan penyakit kulit yang biasa muncul pada wajah, punggung, atau dada. Tingkatan jerawat bervariasi yang hanya sekedar komedo biasa sampai dengan tingkatan yang lebih parah berupa bintik-bintik kecil berisi kista dan nanah. Biasanya penyebab jerawat adalah karena perbahan hormon dalam tubuh, tetapi ada juga sebagian makanan yang bisa memicu penyebab munculnya jerawat.



4 JENIS MAKANAN PEMICU TIMBULNYA JERAWAT





Keripik Kentang

Keripik termasuk jenis makanan yang mempunyai indeks glikemik yang tinggi yang bisa memicu mingkatnya kadar insulin dan juga glukosa dalam tubuh. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi selain keripik kentang adalah roti dan kentang goreng. Makanan ini sebaiknya Anda hindari untuk mencegah munculnya jerawat.



Kue dan Soda

Makanan yang mempunyai kandungan gula tinggi, seperti kue manis, soda dan juga jus buah yang dicampur dengan susu dan gula bisa menyebabkan munculnya jerawat. Ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi bisa memicu tingginya insulin dan menimbulkan jerawat.


Cabai

Bagi Anda yang hobi maknan pedas, sebaiknya segera mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan-makanan pedas tersebut, karena ternyata cabai juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Makanan Olahan Susu

Susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya walaupun mengandung kalsium yang tinggi, tetapi ternyata bisa meyebabkan timbulnya jerawat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hormon yang terkandung dialamnya ternyata bisa menyebabkan kelenjar minyak terus berkembang dan kemudian hal ini bisa menimbulkan jerawat. Selain 4 jenis maknan diatas beberapa hal yang bisa menyebabkan jerawat adalah hormon tubuh, stres, serta mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Baca Artikel Lainnya : Menghilangkan Jerawat Di Telinga

CARA SEHAT DIDALAM MENGHINDARI JERAWAT


Dimulai dengan Menjaga Makanan

Makanan adalah merupakan faktor penting bagi kesehatan tubuh, kesehatan tubuh Anda baik atau tidak tergantung dari apa yang Anda makan sehari hari. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk memulai pola makan yang sehat. Makanan yang baik dikonsumsi untuk menghindari timbulnya jerawat salah satunya adalah kacang, walaupun banyak mitos yang beredar bahwa kacang sebagai penyebab timbulnya jerawat. Perlu Anda ketahui kacang kaya dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi inflamsi disekitar kelenjar minyak. Selain kacang Anda juga bisa mengkonsumsi ikan agar terhindar dari jerawat.

Pola Hidup Sehat

Dengan Anda menjalani pola hidup sehat, sudah tentu hal ini sangat berguna untuk kesehatan organ tubuh. Sama juga halnya dengan jerawat. Tidur dengan waktu  yang cukup jangan terlalu larut malam disertai rutin berolahraga setiap hari, apabila hal ini dilakukan secara baik dan konsisten bisa membantu mengurangi timbulnya jerawat. Apabila Anda terbiasa tidur larut malam, maka mulai saat ini mulailah tidur lebih awal, karena bila kekurangan tidur, tiapnya jamnya akan mempengarui peningkatan stress sebanyak 15%. Bilas stres meningkat dapat memicu glukokorticoid, yang bisa merusak struktur dan fungsi kulit. Selain tidur yang cukup Anda juga perlu berolahraga secara rutin, karena olah raga bisa mengurangi timbulnya stres dan tentunya akan membuat tubuh Anda tetap bugar.


Jaga Kebersihan Kulit

Bila Anda ingin terhidar dari jerawat hal yang wajib Anda lakukan adalah menjaga kebersihan kulit. Biasakan mencuci muka minimal sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam hari. Karena kotoran debu, keringat, dan kosmetik yang menempel pada wajah Anda selama seharian penuh bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, yang mana hal ini bisa menjadi penyabab timbulnya jerawat. Kondisi tubuh yang sehat dan terjaga dengan baik, bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh saja, akan tetapi juga padapenampilan Anda. Oleh sebab itu jalanilah pola hidu dan makan yang sehat, dengan menghindari makanan-makanan yang bisa jadi pemicu timbulnya jerawat.

Selain hal-hal yang sudah dijabarkan diatas, hal lainnya yang sangat penting juga haris diperhatikan seperti minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari, agar kulit Anda terhidrasi dengan baik dan tubuh menjadi lebih bugar.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar