BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Pengertian Dan Penyebab Batuk

Hampir setiap orang di seluruh dunia pasti pernah mengalami batuk, dan kebanyakan orang menganggap bahwa batu itu sendiri bukanlah sebuah penyakit atau suatu hal yang berbahaya. Namun kenyataannya batuk adalah sebuah rekasi yang timbul karena terjadi gangguan atau adanya penyakit di bagian pernafasan atau pada tenggorokan. Batuk sendiri merupakan mekanisme pertahanan yang di lakukan oleh tubuh pada bagian pernafasan atau tenggorokan dan bisa merupakan salah satu gejala atau indikasi suatu penyakit yang menyerang tubuh. Atau bisa juga karena terjadi iritasi di tenggorokan akibat tubuh alergi pada suatu makanan atau karena debu dan asap yang masuk melalui pernafasan dan tenggorokan.



Hal ini hampir sama seperti bersin. Selain itu batuk juga dapat terjadi akibat rangsangan dari benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan seperti debu atau asap. Debu atau asap yang masuk ke dalam saluran pernafasan ini akan masuk ke dalam saluran pernafasan, lalu mengalir ke melalui syaraf pusat yang terdapat di otak, dan otak akan memberikan sinyal untuk pada otot tubuh untuk mengaluarkan benda asing tersebut sehingga kita akan mengalami batuk. Namun batuk juga bisa di sebabkan karena penyakit tertentu, apa sajakah itu? Berikut ini anda bisa simak penjelasan lengkapnya tentang Pegertian Dan Penyebab Batuk :



Batuk Akut dan Kronis

Secara umum batuk dapat di bedakan menjadi 2 jenis yakni batuk akut dan batuk kronis, keduanya dapat di bedakan berdasarkan waktu atau lamanya kita mengalami batuk tersebut. Batuk akut merupakan batuk yang dapat terjadi selama kurang lebih 14 hari atau sekitar 2 minggu serta terjadi dalam 1 periode saja. Jika batuk yang anda alami sudah melebihi dari 14 hari atau 2 minggu dan terjadi selama 3 periode atau selama 3 bulan berturut turut, maka batuk yang anda alami ini masuk dalam kategori batuk kronis.

Sementara batuk kronis sendiri ialah batuk yang terjadi berulang-ulang selama  3 periode atau lebih, dan sering kali batuk ini menyerang anak-anak yang menderita asma, pertusis dan tuberkolosis atau TB. Pertussis sendiri adalah batuk kronis yang di sebabkan karena kuman Bordetella pertusis. Penyakit ini dapat di tangani dengan imunisasi.

Jenis Batuk

Batuk Berdahak
Batuk berdahak merupakan batuk yang di sertai dengan adanya dahak atau cairan berwarna kuning kehijauan di tenggorokan. Hal ini dapat di sebabkan karena terjadi infeksi pada saluran pernafasan, dan sering kali dahak yang terdapat di tenggorokan ini akan menyumbat saluran pernafasan apabila tidak sesegera mungkin di tangani.
Batuk Kering
Batuk kering merupakan batuk yang tidak di serati dengan adanya daha pada tenggorokan atau pada saluran pernafasan, namun batuk kering di sertai dengan gejala gatal pada area sekitar tenggorokan.
Batuk Khusus
Batuk khusus adalah batuk yang di sebabkan karena efek samping dari penyakit tertentu seperti penyakit TBC, penyakit jantung, Asma dan lain-lain. Kebanyakan di sebabkan oleh penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan jantung.
Penyebab batuk

Sementara untuk penyebabnya sendiri, batuk dapat di sebabkan oleh banyak factor mulai karena alergi pada makanan atau minuman, karena benda asing yang masuk ke dalam pernafasan dan karena penyakit tertentu seperti berikut ini :

Alergi (alergi makanan, minuman atau debu)
Infeksi saluran pernapasan atau ISPA
Asma atau tubercolosis
Menghirup asap rokok atau asap dari kenalpot kendaraan
tersendak
Dan demikianlah pembahasan tentang Pegertian Dan Penyebab Batuk yang dapat kami berikan untuk anda, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda. Masih banyak informasi seputar medis dan kesehatan lainnya yang dapat anda lihat disini. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari kami disini, dan jaga selalu kesehatan anda dan keluarga anda.

Related Posts

Posting Komentar