Mengenal 30 alat fitnes dan kegunaanya

loading...
Mengenal alat fitnes dan kegunaanya - Ketika pertama kali melihat bagian dalam sebuah gym pasti kita akan merasa bingung ketika melihat alat-alat yang banyak sekali ragam dan jumlahnya. Orang yang masih awam pasti tidak mengetahui nama alat-alat tersebut, fungsi, serta cara menggunakannya. Sehingga banyak orang yang akhirnya enggan untuk berkunjung ke gym karena melihat alat-alat yang mereka tidak tahu fungsinya.

Alat fitnes yang banyak jumlah dan ragamnya tersebut sebenarnya berfungsi untuk mengisolasi bagian otot tertentu yang ingin anda latih sehingga anda dapat mengembangkan bagian otot tersebut. Dalam artikel ini ID GET FIT akan menjelaskan tentang nama, bagian otot yang dilatih, serta cara menggunakannya.

Secara umum alat fitnes dibagi menjadi 3 kategori yaitu freeweight, Body weight training station, dan mesin.

Alat fitnes Freeweight

Disebut freewight karena alat-alat dalam kategori ini berupa beban yang dapat digerakkan secara bebas tanpa terikat pada kabel atau benda lainnya. Latihan menggunakan alat fitnes freewight memiliki beberapa keuntungan antara lain:
  • Sangat efficient karena dapat digunakan untuk berbagai macam variasi latihan
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Membakar banyak kalori
  • Meningkatkan kekuatan fisik secara signifikan
  • Harga yang relatif lebih murah
  • Ukurannya yang kecil sehingga dapat diletakkan dimana saja
Macam-macam alat yang termasuk dalam kategory free wight: 

1. Dumbbell
Dumbbell adalah alat fitnes dasar. Bentuknya ialah 2 buah beban yang tersambung oleh batang besi pendek. Anda biasanya akan menemukan banyak alat ini di gym dengan ukuran yang berbeda-beda. Alat ini sangat praktis karena dapat dibawa kemanapun dan tidak perlu menggunakan ruangan yang luas ketika menggunakannya untuk berlatih. Berbeda dengan alat lainya, alat ini dapat digunakan untuk variasi gerakan fitnes yang tidak terbatas. Latihan dengan dumbell tidak mengisolasi otot tertentu sehingga akan mencegah pertumbuhan otot yang tidak sinkron dengan otot pendukungnya.
Dumbbell alat fitnes
Dumble

2. Barbell
Barbell adalah versi besar dari dumbbell. Alat ini dihubungkan batang besi yang panjang dan umumnya beban pada kedua sisinya dapat di bongkar pasang untuk mengatur beban agar sesuai dengan kemampuan penggunanya. Tidak seperti dumble yang dapat digunakan dengan hanya satu tangan, Barbell adalah alat yang harus digunakan dengan 2 tangan. Alat ini dapat membuat otot bagian kanan dan kiri berkembang secara seimbang.
barbel alat fitnes
Barbel

3. Weight plates
Alat ini adalah beban yang berbentuk cakram dari logam. Alat ini Dapat digunakan untuk 2 hal yaitu menggunakannya sendiri untuk latihan atau menambahkannya sebagai beban tambahan untuk alat lainnya.
weight plates alat fitnes
Weight plates

4. Kettlebells
Kettlebells adalah sebuah alat yang berbentuk bola, memiliki pegangan serta terbuat dari besi. Alat ini digunakan untuk melakukan gerakan mengangkat, mengayun dan mendorong yang akan mendukung anda melatih pengendalian gerakan. Berat kettlebell bervariasi, dari mulai 4kg sampai 79 kilogram 
Kettlebells alat fitnes
Kettlebells

5. Medicine ball
Medicine ball adalah sebuah bola karet yang lentur. Alat ini memiliki bobot yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kemampuan latihan seseorang. Medicine ball berguna untuk meningkatkan jumlah variasi dan intensitas latihan pada umumnya. 
Medicine ball alat fitnes
Medicine ball

6. Weighted bars
Weighted bars adalah sebuah batang besi yang memiliki pemberat di tiap sisinya. Alat ini digunakan untuk meningkatkan berat tubuh ketika melakukan latihan standar seperti sit up, lunge, dan lain sebagainya.  
Weighted bars alat fitnes
Weighted bars

7. Curl bar
Alat ini digunakan untuk melatih bicep dan trisep. Bentuk dari curl bar yang unik dapat digunakan untuk melatih otot-otot tertentu tergantung dari sudut mana kita memegangnya. Alat ini dapat digunakan untuk macam-macam variasi angkat beban sehingga menghilangkan stres pada otot, tidak seperti menggunakan barbel biasa.
curl bars alat fitnes
Curl bars

8. Tricep bar
Walaupun fokus utama alat ini adalah untuk melatih otot tricep namun seperti curl bar, alat ini dapat digunakan untuk bermacam-macam gerakan angkat beban.  anda dapat melatih otot anda dari sudut yang berbeda-beda dan mengurangi stress pada otot pergelangan tangan anda.
Tricep bars alat fitnes
Tricept bars

9. Adjustable body weight
Alat fitnes adjustable body weight digunakan untuk menambah beban tubuh kita. Alat-alat ini terdiri dari pemberat yang ditempelkan pada tubuh, diantaranya badan, pergelangan tangan dan kaki, sabuk, serta punggung tangan. Alat-alat ini umumnya digunakan oleh mereka yang melakukan bodyweight training yaitu latihan tanpa menggunakan beban selain tubuh mereka sendiri.
adjustable body weight alat fitnes
Penambah berat tubuh

Body Weight training station

Jenis Alat fitnes Body weight training station adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu latihan fitness yang hanya menggunakan beban tubuh seperti push up, chin up, dip, dan lain sebagainya. Keuntungan latihan dengan alat-alat ini adalah sangat efektif karena menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita. 

Macam-macam alat body weight training station:

1. Pull up bar.
Pull up bars adalah batang besi yang digunakan untuk membantu kita melakukan pull up. Pull up sendiri adalah jenis bodyweight training yang menggunakan pull up bar untuk bergantung. Pull up bar umunya memiliki macam-macam bentuk tergantung variasi gerakan pull up yang mungkin dilakukan dengan alat tersebut.
pull up bars alat fitnes
Pull up bars

2. Fitnes bench
Fitnes bench adalah alat berbentuk bangku yang digunakan untuk meningkatkan variasi latihan yang bisa kita lakukan. Dengan alat ini kita bisa menambah variasi pada dip, push up, jump, dan lain sebagainya.
bench alat fitnes
Fitness bench

3. Hyper extension bench
Bangku ini umumnya dipakai untuk melatih ototo paha, punggung dan pantat. Alat ini sebenarnya memudahkan kita untuk melakukan jenis latihan back up.
hyper bench alat fitnes

4. Sit up bench.
Seperti namanya, alat ini membantu kita untuk melakukan sit up. Dengan alat ini anda dapat melakukan variasi gerakan sit up dan crunch yang lebih banyak dari pada tanpa menggunakan alat ini. Selain itu alat ini juga membantu meningkatkan intensitas dan efektifitas gerakan sit up dan crunch.
sit up bench alat fitnes
sit up bench

5. Swiss ball.
Swiss ball adalah sebuah bola karet yang berisi udara. Alat ini digunakan sebagai penopang tubuh seperti sebuah bench, semua latihan yang dapat anda lakukan di bench dapat juga anda lakukan dengan alat ini. Bentuk bola yang bulat dan tidak stabil akan membuat keseimbangan anda meningkat jika melakukan latihan dengan alat ini.
swiss ball alat fitnes
Swiss ball

6. Push up grip
Push up grip adalah alat untuk membantu kita dalam melakukan push up. Dengan alat ini pembentukan otot didada kita akan lebih intens karena ketika menggunakan alat ini dada akan semakin tertekan ketika melakukan push up.
push up grip alat fitnes
Push up grip

7. Matras
Matras adalah alat berupa karpet yang umumnya terbuat dari bahan yang tidak licin. fungsi matras ialah sebagai landasan tubuh kita ketika melakukan latihan agar tidak licin dan terlalu keras. Matras dapat digunakan untuk push up, sit up, gerakan yoga, dan lain sebagainya.
matras alat fitnes
Matras

8. Dip bar
Dip bar digunakan untuk penopang tubuh ketika melakukan gerakan dip. Alat ini berupa dua batang pararel yang digunakan untuk berpegangan. Dengan menggunakan alat ini, kita dapat melatih otot bahu, lengan dan dada.
dip bar grip alat fitnes
Dip bars

Alat fitnes Mesin

Alat fitnes mesin umumnya berbentuk sebuah alat berukuran besar dan komplek yang digunakan untuk mengisolasi latihan agar mendapatkan hasil maksimal pada otot tertentu. Alat fitnes mesin memiliki beberapa keuntungan dalam menggunakannya, antara lain:
  • Membantu tubuh agar mudah dalam melakukan suatu gerakan fitness.
  • Resiko cidera menjadi lebih kecil.
  • Dapat mengkonsentrasikan latihan pada otot tertentu sesuai yang kita inginkan.  
Alat fitnes mesin dibagi menjadi 2 yaitu single station dan multi station. Single station digunakan  hanya untuk 1 gerakan sedangkan multi station dapat digunakan untuk macam-macam gerakan.

Macam-macam mesin fitness:
1. Abs crunch machine
Seperti namanya, alat ini tentu saja melatih otot perut. Dengan menggunakan alat ini kita dapat melakukan crunch dan menjadikannya menjadi lebih menantang dengan meningkatkan tekanan pada mesin ini. Dengan meningkatnya intensitas crunch yang kita lakukan tentu saja latihan yang ini akan memberikan kita hasil yg baik.
abs crunch alat fitnes
Abs crunch machine

2. Static bicycle
Static bicycle atau sepeda statis adalah alat untuk bersepeda didalam ruangan. Selain untuk melatih otot kaki, alat ini biasanya digunakan untuk membakar lemak atau cardio. Kecepatan dan tekanan dalam mengayuhnya dapat diatur menyesuaikan dengan kemampuan kita.
static bicycle alat fitnes
Static bycicle

3. Leg press machine
Alat ini gunakan untuk latihan leg press dan membentuk otot paha dan betis. Dengan menggunakan alat ini kita dapat menambahkan tingkat kesulitan latihan leg press dengan menambahkan beban ke alat ini.
leg press alat fitnes
Leg press machine

4. Treadmill
Treadmill merupakan alat yang sangat umum ditemukan di gym dan umumnya digunakan untuk latihan cardio atau pembakaran lemak. Treadmill sendiri adalah alat yang digunakan untuk melakukan jalan atau lari di tempat. Mesin ini sangat praktis karena kecepatan nya dapat diatur dengan kemampuan lari kita. Selain ini biasanya alat ini dapat diatur ke mode latihan dimana kita akan mengikuti kecepatan treadmill yang berubah-ubah untuk meningkatkan kemampuan lari kita. Treadmill memang sebuah alat gym yang relatif mahal jika anda ingin memilikinya di rumah, harga treadmill umumnya sekitar 5.000.000 - 10.000.000. Namun jika anda menginginkan treadmill murah anda dapat mempertimbangkan untuk membeli treadmill bekas ataupun treadmill manual.
Treadmill alat fitnes
Treadmill

5. Chest press machine
Chest press machine adalah mesin yang akan mengisolasi latihan pada otot dada. Menggunakan alat akan merepresentasikan gerakan mendorong yang mengakibatkan tekanan ke arah dada. Tingkat kesulitan dan beban pada alat ini dapat di sesuaikan dengan kemampuan kita.
Chest press alat fitnes
Chest press machine

6. Squat hack machine 
Alat ini adalah alat untuk melatih otot paha. Alat ini meniru gerakan squat namun kita dengan menambahkan beban sehingga gerakan squat dengan alat ini jadi lebih menantang.
squat hack alat fitnes
Squat hack machine

7. Barbell Machine
Fungsi barbel mahine adalah sebagai penopang agar gerakan kita menjadi stabil ketika menggunakan mangangkat barbel sehingga resiko cidera pun dapat terhindarkan. Alat ini juga meungkinkan kita untuk menggunakan barbell dengan posisi tubuh berbaring di bench.
Barbell alat fitnes
Barbell machine

8. Eliptical Machine
Mesin ini merepresentasikan cara kita berjalan. Dengan eliptical machine ini kita melatih otot kaki yang biasa kita gunakan untuk berjalan dengan cara menambahkan tekanan yang harus kita lakukan lebih dari ketika kita berjalan biasa.
eliptical alat fitnes


9. Shoulder press machine
Seperti namanya, mesin ini melatih otot bahu anda. Menggunakan alat ini akan memaksa bahu kita untuk menekan kebawah yang mana sangat sulit dilakukan tanpa menggunakan alat ini.
shoulder press alat fitnes
Shoulder press machine

10. Bicep curl machine
Mesin bicep curl ini berfungsi untuk melatih otot bicep. Menggunakan alat ini akan membuat kita seperti melakukan bicep curl dengan barbel namun dengan posisi tubuh yg lebih baik dan stabil sehingga otot yang ingin dilatih pun dapat terisolasi dengan baik.
bicep curl alat fitnes
Bicep curl machine
11. Tricep Machine
Kebalikan dengan bicep curl, alat ini untuk membentuk otot tricep. Mesin ini membuat anda melakukan gerakan menarik beban ke arah bawah yang akan melatih otot tricep anda. Beban yg ditarik dapat disesuaikan menurut kemampuan anda. 
Alat fitnes tricep machine
Tricep machine

Aksesoris fitness

Selain alat fitnes yang digunakan untuk melatih otot-otot kita, diperlukan juga aksesoris untuk mendukung program latihan kita.  Aksesoris-aksesoris tersebut berguna untuk mempermudah kita dalam melakukan latihan dan mengurangi resiko cidera.

Macam-macam aksesoris fitness:

1.Sarung tangan fitnes
Sarung tangan fitnes adalah alat yang penting dalam latihan angkat beban. Jika kita sering mengangkat beban berat berulang-ulang tanpa menggunakan pelindung tangan maka akan terjadi pengapalan di tangan kita. Tentu saja kita tidak menginginkan hal ini karena tangan akan terasa perih juka pengapalan itu terjadi pada tangan kita. Karena itu untuk menghindari masalah yang satu ini kita membutuhkan sarung tangan fitnes.

2. Sabuk Fitnes
Ketika anda masuk ke gym biasanya anda akan melihat orang-orang mengenakan sabuk ketika mereka mengangkat beban. Anda pasti bertanya apa sebenarnya fungsi sabuk tersebut? Sabuk ini sebenarnya berfungsi untuk menghindari resiko cedera pada punggung. Cidera punggung bisa diakibatkan karena postur tubuh kita tidak baik ketika melakukan angkat beban. Sabuk inilah yang dapat mempertahankan postur tubuh kita agar terhindar dari cedera punggung.
sabuk alat fitnes
Sabuk fitnes

3. Sepatu fitnes
Sepatu memiliki peran yang besar untuk menunjang latihan kita. Namun tidak semua sepatu bisa digunakan untuk fitnes. Setiap sepatu olahraga memiliki desain yang berbeda menyesuaikan dengan jenis olahraganya. Karena itu Sebaiknya kita memilih sepatu yang memang dirancang untuk latihan fitnes agar mengoptimalkan latihan dan hasil yang kita dapat.


Itulah 30 alat fitnes dan kegunaanya. Sangat penting untuk memilih dan menggunakan alat-alat tesebut sesuai dengan program fitness yang kita jalani agar latihan yang kita lakukan dan hasil yang kita dapat menjadi maksimal. Semoga infomasi mengenai alat fitnes dan kegunaannya ini dapat bermanfaat untuk anda.

LET'S GET FIT!!
Loading...

2 Responses to "Mengenal 30 alat fitnes dan kegunaanya"