Cara Kerja Penghemat Listrik


Perbedaan karakteristik beban listrik menyebakan adanya pergeseran faktor daya sehingga disinilah produsen alat penghemat listrik berlomba-lomba untuk membuat alat yang bisa memperbaiki faktor daya listrik untuk menyeimbangkan beban induktif dan beban kapasitif atau dengan kata laincara kerja alat pengkemat listrik adalah meminimalisir efek sifat dari beban induktif.



Cara memperbaiki pergeseran akibat efek beban infuktif dimana arus tertinggal terhadap tegangan adalah dengan menggunakan komponen kapasitor yang berfungsi sebagai beban kapasitif pada jaringan listrik dimana alat penghemat listrik dipasangkan, sehingga mungkin pada beberapa produk ini selalu disarankan untuk dipasang didekat beban listrik yang merupakan beban induktif paling besar supaya efeknya bisa maksimal, misalnya dipasang dekat kelistrikan kulkas. 

Sehingga sebenarnya cara kerja alat penghemat listrik adalah rangkaian untuk memperbaiki faktor daya listrik (power factor correction circuit) pada rangkaian jaringan listrik dimana alat tersebut dipasang. Dengan adanya kapasitor pada home electric sever bisa berfungsi sebagai beban kapasitif yang mampu meminimalisir efek sifat beban induktif.

Pada pabrik atau gedung-gedung yang umumnya terdapat mesin-mesin listrik tentunya beban induktif sangat besar sehingga biasanya terdapat kapasitor bank sebagai solusi untuk memperbaiki faktor dan sebagai alat penghemat listrik untuk gedung. Alat tersebut bisa didapatkan di Sewatama.

Alat penghemat listrik memang bisa menurunkan arus listrik yang terukur saat beban listrik memang bisa menurunkan arus listrik yang terukur saat beban listrik dihubungkan ke jaringan listrik sehingga menurunkan total VA alias daya reaktif yang terpakai, namun karena listrik di rumahan tidak menggunakan perhitungan VA sebagai acuan perhitungan biaya listrik maka penurunan arus yang terjadi tidak berpengaruh ke biaya listrik. Untuk diketahui bahwa instalasi rumah, PLN menggunakan perhitungan watt untuk setiap daya yang terpakai.

Selain itu penggunaan kapasitor bank ini sebenernya memang diperuntukan untuk pabrik dan gedung dengan trafo listrik tersendiri karena besarnya beban listrik yang digunakan berupa motor listrik sehingga dengan dipasangnya kapasitor bank akan mendapatkan faktor daya yang biasanya berkisar 0,8 yang nantinya tujuannya adalah menghindari denda dari PLN.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Penghemat Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel