BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Solusi Untuk Gangguan Pencernaan Anda

Pencernaan merupakan sebuah proses metabolisme tubuh yang memproses sebuah zat, yaitu sebuah proses yang merubah zat secara kimia maupun mekanik menjadi suatu nutrisi. Terkadang karena kesibukan kita sehari – hari dan jadwal kerja yang padat membuat pola makan kita tidak menjadi tidak terkontroldengan baik. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan . Pada kesempatan kali ini idgetfit akan membahas solusi untuk gangguan pencernaan dengan cara-cara yang alami.



Gangguan pencernaan mempunyai beberapa jenis, seperti diantaranya adalah : gastroparesis, dyspepsia, gastritis, parotitis, maldigesti, xerostomia dan beberapa jenis lainnya. Apabila Anda mengalami gangguan pencernaan segera obati, apabila dibiarkan akan menjadi semakin parah dan menyebabkan radang usus akut.


Penyebab gangguan pencernaan yang paling banyak dikarenakan pola makan yang tidak sehat, rasa stress, pengobatan yang menyebabkan iritasi dan juga dikarenakan hadirnya bakteri didalam sistem pencernaan, seperti halnya pada kasus tukak pepsin yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori.


Sistem pencernaan dalam tubuh memanjang mulai dari mulut hingga anus. Berikut alur sistem pencernaan dalam tubuh kita :

  • Mulut
  • Kerongkongan
  • Lambung
  • Usus kecil
  • Usus Besar
  • Rektum
  • Anus

SOLUSI ALAMI MENGATASI GANGGUAN PENCERNAAN


1. Hindari Makanan Yang Bisa Menimbulkan Gas

Bagi Anda sedang mengalami masalah dengan pencernaan ada baiknya menghindari makanan yang bisa menyebabkan Anda buang gas. Makanan – makanan tersebut adalah : umbi-umbian (singkong, ubi, ketela rambat), kol, kembang kol dan brokoli.

2. Makan Makanan Berserat

Perbanyaklah makan makanan yang mengandung serat, tetapi sebaiknya hindari serat yang banyak mengandung karbonhidrat. Karna zat serat yang berada didalam karbonhidrat akan lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Makanan yang memiliki kandungan serat dapat Anda temukan pada : Oatmeal, Sereal, buah berry,  gandum, aprikot kering, plum dan lain sebagainya.

3. Mengkonsumsi Kaldu

Membuat kaldu bisa Anda kerjakan sendiri di rumah harganya akan jauh lebih murah dan rasanya juga terasa lebih nikmat. Air kaldu terdapat kandungan nutrisi dan juga mineral yang  dibutuhkan oleh pencernaan tubuh untuk memulihkan diri. Seperti halnya kandungan asam proline dan glycine yang akan membantu proses penyembuhan pencernaan.




4. Mengunyah Makanan Sampai Halus dan Perlahan

Hindari makan terlalu cepat dan terburu-buru. Makan terlalu cepat akan menyebabkan makanan akan sulit di cerna oleh tubuh dan ini hanya akan membuat makanan hanya akan menghasilkan gas yang banyak didalam perut. Hal ini bisa menyebabkan perut menjadi tidak nyaman dan terasa kembung. Biasakan mengunyah makanan sebanyak 30x didalam mulut dan kunyah sampai benar-benar halus, enzim-enzim yang ada didalam mulut bisa membantu melancarkan proses pencernaan makanan dengan baik.

5. Hindari Makanan Yang Terlalu Banyak Pemanis atau Gula

Kondisi pencernaan yang rentan sakit bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak makan-makanan yang mengandung pemanis atau gula. Zat gula seperti kita ketauhi bersama sulit di proses didalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan penyumbatan dimana-mana, bila mengkonsumsi makanan manis menjadi kebiasaan sehari-hari bisa menjadikan sesuatu yang buruk untuk tubuh.


6. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin setiap pagi selama kurang lebih 30-45 menit memberikan efek yang baik bagi tubuh secara keseluruhan. Tubuh akan selalu fit dan bugar dan bakteri tidak mudah menyerang ke dalam tubuh, selain itu dengan melakukan olah raga secara rutin membuat metabolisme tubuh juga menjadi lebih baik. Demikian juga dengan proses buang air besar menjadi rutin dilakukan setiap hari, sehingga racun  yang ada dalam tubuh bisa terbuang keluar setiap harinya.

7. Kurangi Stress

Kontrol stress pada diri Anda, stress merupakan sumber awal dari segala macam penyakit pada tubuh. Usahakan tubuh diistrihatkan dengan cukup, jangan pernah membawa pekerjaan kantor Anda kedalam rumah. Rasa stress yang berlebihan bisa memicu asam lambung yang berlebihan, dan ini tidak baik buat tubuh Anda.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar