BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

10 Program Latihan Fitnes Terbaik dengan Dumbbell

Para pelaku fitnes pasti tahu bahwa latihan dengan barbell adalah latihan yang berefek paling besar pada pembentukan otot kita. Namun dalam hal fleksibilitas, jelas bahwa latihan menggunakan dumbbell jauh lebih unggul.  Latihan menggunakan dumbbell tidak perlu tempat khusus dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Kita bisa melakukannya di gym maupun di kamar tidur kita. Maka dari itu kita dapat melakukan program latihan fitnes dengan dumbbell lebih sering karena tidak terbatas tempat dan waktu. 

Dumbbell memungkinkan anda untuk melatih salah satu sisi otot anda, yang mana dapat memperbaiki ketidakseimbangan kekuatan tubuh anda. Selain itu dumbbell membuat setiap sisi tubuh anda bergerak secara mandiri sehingga otot inti anda akan cepat terlatih, sehingga akan mempermudah anda mendapatkan perut six-pack. Dalam artikel ini GET FIT ID akan memberikan program latihan fitnes terbaik dengan menggunakan dumbbell.

Program Latihan Fitness terbaik dengan dumbbell:

1. Dumbbell bench press
Program yang pertama adalah dengan munggunakan gerakan dumbbell bench press. Meskipun latihan ini membutuhkan bangku fitnes, namun latihan ini dapat melatih dada, triceps dan bahu dengan baik. Jika anda memiliki bangku fitnes yang dapat dirubah-ubah kemiringannya maka anda juga dapat memodifikasi gerakan bench press ini menjadi incline bench press dan decline bench press.
Program Latihan Fitnes bench press
Dumbbell bench press

2. Alternated biceps curl
Salah satu variasi latihan dengan dumbbell yang paling populer adalah latihan dengan gerakan bicep curl. Latihan ini sangat baik dilakukan untuk melatih otot bicep dan forearm kita. Kita dapat melakukan latihan ini dengan menggerakan kedua tangan secara bersamaan ataupun secara bergantian.
Program Latihan Fitnes bicep curl
Alternated bicep curl

3. Shoulder press
Gerakan shoulder press dilakukan dengan mengangkat kedua tangan pada waktu yang bersamaan. Latihan ini tidak hanya melatih otot bahu dengan sangat efektif namun juga melatih tricep sehingga menjadi salah satu latihan otot tubuh bagian atas yang terbaik. 
Program Latihan Fitnes shoulder press
Shoulder press

4. Triceps Kickback
Manfaat gerakan tricep kickback kepada otot tricep kita itu sama seperti gerakan bicep curl kepada otot bicep kita. Latihan ini merupakan salah satu latihan klasik yang memaksimalkan kerja dan melatih otot tricep.
Program Latihan Fitnes tricep kickback
Triceps kickback

5. Upright row
Selain shoulder press ada juga upright row untuk  yang berguna untuk melatih otot bahu. Namun perbadaan gerakan ini dengan shoulder press adalah gerakan ini juga dapat melatih otot punggung anda.
Program Latihan Fitnes upright row
Upright row

6. Lateral raise
Program latihan fitnes berikutnya adalah gerakan yang amat baik untuk melatih seluruh tubuh bagian atas dari mulai lengan, bahu, punggung, hingga dada yaitu gerakan laterall raise. Latihan ini dapat dilakukan dengan duduk maupun berbaring, namun jika kita berdiri maka hasilnya akan lebih baik karena akan melibatkan seluruh otot tubuh bagian atas.
Program Latihan Fitnes lateral raise
Lateral raise

7. Lying fly
Gerakan lying fly mewajibkan anda memiliki bangku fitnes karena gerakan ini dilakukan dengan posisi berbaring pada bangku yang datar. Latihan ini adalah salah satu gerakan terbaik untuk melatih otot dada. Perbedaan gerakan ini dengan dumbbell bench press adalah gerakan ini tidak melibatkan otot tricep sehingga seluruh latihan terpusat pada otot dada.
Program Latihan Fitnes lying fly
Lying fly

8. Dumbbell squat
Latihan dumbbell squat merupakan latihan otot kaki paling populer yang menggunakan dumbbell. Latihan ini menargetkan otot bagian paha dan betis. Cara melakukannya pun amat mudah, yaitu seperti melakukan squat pada umumnya namun dengan membawa dumbbell.
Program Latihan Fitnes squat
Dumbbell squat

9. Dumbbell lunge
Gerakan ini tidak sepopuler gerakan dumbbell squat, namun latihan dumbbell lunge merupakan salah satu latihan otot paha dan betis yang paling baik sehingga kami tetap memasukkannya kedalam daftar ini. Gerakan ini cukup mudan dilakukan, yaitu dengan melakukan lunge seperti biasanya namun dengan membawa 2 dumbbell sebagai pemberat disisi tangan kanan dan kiri.
Program Latihan Fitnes lunge
Dumbbell lunge

10. Toe raise
Program latihan terakhir adalah untuk melatih betis dan otot pergelangan kaki. Gerakan toe raise adalah gerakan yang paling efektif untuk memperkuat otot pergelangan kaki yang akan berguna dalam kegiatan sehari-hari yang melibatkan kekuatan otot ini terutama jika kita harus berlari atau melompat.
Program Latihan Fitnes toe raise

Itulah 10 program latihan fitnes menggunakan dumbbell yang terbaik versi GET FIT ID. Seluruh latihan tersebut sebaiknya dilakukan dalam 3-5 set dengan 8-15 repetisi. Selain 10 latihan tersebut, masih banyak latihan lain menggunakan dumbbell yang bisa anda coba lakukan yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan latihan dan kemampuan fisik anda. 

Related Posts

Related Posts

2 komentar