BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Panduan Fitnes di Rumah Dengan Calisthenic Training

Memiliki badan yang proporsional dan atletis adalah impian semua orang baik itu pria maupun wanita. Untuk mendapatkan badan yang ideal seperti itu haruslah ada usaha yang lebih untuk berolahraga dan mengatur pola makan agar impian memiliki tubuh yang atletis dan proporsional dapat tercapai. Untuk menghasilkan bentuk badan yang atletis umumnya kita harus melakukan fitnes di gym, masalahnya adalah banyak orang yang kesulitan karena tidak memiliki waktu atau pun jarak gym yang jauh dari tempat tinggal. Namun tetap ada solusi bagi mereka yang tidak sempat untuk melakukan olahraga di gym yaitu dengan melakukan fitnes di rumah. 


Kita dapat melakukan fitnes tanpa perlu pergi ke gym maupun menggunakan alat yaitu dengan calisthenic training. Calisthenic training adalah jenis olahraga yang hanya menggunakan berat tubuh kita sendiri tanpa harus menggunakan beban tambahan seperti barbel dan dumbel, yang kita butuhkan hanya kemauan untuk berolahraga. Walaupun dilakukan tanpa alat pembantu namun hasil yang didapatkan dari  calisthenic tidak kalah dari fitnes yang dilakukan di gym, tubuh juga akan menjadi atletis dan tampak indah dipandang mata, bahkan bisa dibilang bentuk tubuh yang dihasilkan dari calisthenic training cenderung lebih proporsional.
fitnes di rumah
Tubuh hasil fitnes di rumah dengan calisthenic training 


Kelebihan Fitnes Di Rumah Dengan Calisthenic training

1. Lebih praktis
Latihan dengan calisthenic tentu saja lebih praktis karena tidak memerlukan alat yang sulit didapatkan, mahal, dan tidak ringkas. Kebanyakan gerakan calisthenic ini hanya membutuhkan berat tubuh anda. Hanya ada beberapa gerakan yang membutuhkan alat bantu itu pun hanya sebuah bar untuk pull up dan variasinya serta bangku untuk melakukan macam-macam gerakan dips.

2. Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
Kelebihan kedua adalah bahwa calisthenic training dapat dilakukan dimana saja baik di rumah, di tanah lapang, bahkan di kantor ketika anda sedang istirahat karena gerakan-gerakan latihan ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan yang merepotkan.

3. Banyak variasi gerakan
Salah satu perbedaan calisthenic dengan latihan beban adalah calisthenic mengandalkan gerakan yang lebih sulit dari tiap tingkatannya sedangkan latihan beban mengandalkan jumlah beban yang dapat diangkat. Sebagai contoh kita mengenal gerakan push up, maka tingkatan yang lebih tinggi kita akan mengenal diamond push up, one hand push up, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat variasi gerakan calisthenic menjadi sangat banyak.
 
4. Tidak membosankan
Banyak orang yang berhenti berolahraga karena merasa bosan dengan gerakan-gerakan yang monoton, namun fitnes di rumah dengan  calisthenic dapat menghilangkan rasa bosan tersebut karena ada ratusan gerakan yang dapat kita kombinasikan untuk latihan kita sehari-hari sehingga bentuk latihan kita pun dapat menjadi lebih bervariasi.

5. Melatih banyak bagian otot sekaligus
Berbeda dengan latihan latihan beban di gym yang gerakannya terfokus untuk melatih salah satu bagian otot saja, Keistimewaan calisthenic training adalah kemampuan latihan ini untuk melatih beberapa bagian otot sekaligus. Sebagai contoh adalah gerakan push up, gerakan ini dapat melatih tangan, bahu, dada, punggung, dan bahkan perut secara bersamaan.

6. Bentuk tubuh lebih proporsional
Mungkin anda pernah melihat seorang binaraga yang memiliki tubuh tidak seimbang, ada bagian yang besar ada bagian yang kecil, hal ini dikarenakan latihan beban umumnya fokus ke bagian otot tertentu. Calisthenic berbeda dengan latihan beban karena dapat melatih beberapa bagian otot sekaligus sehingga otot-otot tersebut berkembang secara bersamaan dan seimbang, hal inilah yang membuat tubuh lebih proporsional dengan calisthenic.


Tips Melakukan Fitnes di Rumah dengan Calisthenic Training

1. Lakukan variasi gerakan yang berbeda setiap hari
Pada dasarnya latihan fisik adalah merusak otot dan memperbaikinya menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Tubuh memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa sehingga gerakan fisik yang sama hanya akan membuat otot kita terbiasa dan tidak berkembang. Melakukan variasi gerakan membuat tubuh kita tidak terbiasa dengan pola gerakan kita, sehingga akan terus berkembang.

2. Meningkatkan tingkat kesulitan atau jumlah repetisi
Setiap setelah kita berlatih, tubuh akan semakin kuat sehingga kita dapat melakukan lebih dari apa yang dapat kita lakukan sebelumnya. melakukan gerakan yang sama dengan jumlah yang sama dengan waktu sebelumnya hanya akan membuat tubuh tetap pada kondisi stuck. Sehingga sangat penting menaikkan tingkat kesulitan gerakan maupun jumlah repetisi agar tubuh berkembang.

3. Lakukan dengan gerakan yang benar.
Banyak dari kita yang sudah banyak berolahraga namun tidak menunjukan hasil dan akhirnya menyerah. Hal tersebut umumnya diakibatkan oleh gerakan yang asal-asalan sehingga tubuh pun tidak berkembang sesuai yang diinginkan. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mempelajari cara yang benar untuk melakukan suatu gerakan fitnes/ calisthenic.

4. Disiplin dan Tidak mudah menyerah
Bentuk tubuh atletis dan kesehatan yang akan kita peroleh dari olahraga tidak serta merta didapatkan dalam satu hari namun butuh hingga berbulan-bulan serta harus berkelanjutan untuk mempertahankannya. Karena itulah dibutuhkan kedisiplinan dan sikap pantang menyerah untuk mencapai tujuan ini.

5. Bergabung dengan komunitas
Kejenuhan pasti akan muncul ketika anda fitnes di rumah sendirian, karena itulah sangat penting untuk bergabung dengan komunitas calisthenic sehingga kita bisa menyingkirkan kejenuhan itu serta mendapatkan motivasi dengan melihat orang-orang yang berhasil membentuk tubuh mereka.

6. Makan Makanan bergizi
Tips yang terakhir adalah makan makanan bergizi karena seberat apapun latihan anda tidak akan menunjukan hasil yang baik jika anda tidak mengkonsumsi makanan bergizi karena inilah yang akan membangun tubuh anda.

Contoh Gerakan Calisthenic Training

1. Push up
2. Pull up
3. Sit up
4. Dips
5. Jumping jack
6. Burpees
7. High knee running
8. Plank
9. Squat
10. Lunges

Sepuluh gerakan diatas hanya sebagian kecil gerakan calisthenic training yang dapat anda praktekan, masih ada lagi ratusan gerakan yang dapat anda pelajari dan kombinasikan sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda. Yang perlu diperhatikan adalah fitnes di rumah maupun di gym semuanya tetap membutuhkan niat dan usaha untuk mendapatkan tubuh ideal, atletis, dan proporsional.
Related Posts

Related Posts

1 komentar

  1. kamu mau latihan apa ?
    yuk bareng aku juga mau alatihan nih
    kamu nak mana ?

    BalasHapus