BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

4 Latihan Kardio Terbaik Untuk Membakar Lemak

Mungkin anda sering mendengar istilah latihan kardio dalam dunia olahraga atau dalam suatu program diet yang menggunakan ini sebagai cara untuk membakar lemak yang efektif namun taukah anda apa yang sebenarnya dimaksud dengan latihan kardio ini? apa fungsinya dan bagaimana cara melakukannya? Dalam artikel ini GET FIT ID akan menjelaskan tentang hal ini.


Latihan cardio adalah jenis latihan yang meningkatkan kecepatan detak jantung dengan cara menggerakkan tubuh kita. Kita pasti tahu untuk membentuk otot kita kita harus menggerakkan otot-otot tersebut. Pergerakan otot yang terus menerus akan membuat otot kita menjadi lebih kuat, dapat melakukan gerakan dengan lebih efisien, serta tubuh kita menjadi lebih sehat. Selain itu perlu kita tahu bahwa jantung kita juga terdiri dari otot sehingga melatih jantung agar bergerak lebih banyak akan membuat jantung menjadi lebih kuat. Jantung yang lebih kuat artinya sistem cardio vascular kita juga menjadi lebih kuat sehingga lebih banyak oksigen yang diantarkan ke otot-otot kita. Banyaknya oksigen dalam sel-sel otot akan membuat lebih banyak lemak yang terbakar ketika kita bergerak maupun diam. 
Latihan Kardio
Macam-macam latihan kardio

Latihan kardio menggunakan sejumlah besar otot untuk bekerja selama periode waktu tertentu sehingga detak jantung meningkat hingga 50% dari kemampuan maksimal nya. Ada beberapa indikator untuk mengetahui apakah latihan yang anda lakukan sudah benar yaitu anda harus sampai berkeringat serta anda akan kesulitan untuk berbicara. Jika anda masih sanggup berbicara dengan lancar ketika melakukan latihan artinya gerakan anda kurang dan anda harus meningkatkan nya, sedangkan jika anda tidak bisa menyelesaikan 1 kalimat ketika latihan tersebut berarti anda bergerak terlalu berlebihan sehingga anda harus menurunkan intensitas nya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda harus latihan selama minimal 20 menit tanpa istirahat dan melakukannya minimal 3 kali seminggu. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa lebih direkomendasikan melakukan latihan minimal 30 menit dalam 5 hari seminggu. Latihan ini akan membakar lemak karena kalori yang keluar akan menjadi lebih banyak daripada kalori yang masuk. Selain itu latihan kardio juga memiliki banyak manfaat lain yaitu membuat jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan stamina, menurunkan resiko penyakit serta menurunkan stress. Latihan kardio memang tidak akan membuat anda memiliki perut six pack namun akan membuat tubuh anda menjadi lebih efisien ketika melakukan kegiatan sehari-hari

Latihan Kardio Terbaik:

1. Lari/ Jogging
Lari atau jogging adalah olahraga paling favorit dan menjadi pilihan banyak orang. Menjadi favorit banyak orang karena olahraga sangat praktis dan mudah dilakukan. Lari dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, selain itu lari dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk relaksasi di pagi hari. Dengan melakukan lari atau jogging secara rutin jantung akan semakin kuat dan stamina anda pun akan meningkat. Selain itu semakin cepat dan semakin lama kita berlari maka semakin banyak lemak yang terbakar.

2. Berenang
Selain lari ada juga aternatif olahraga lainya yaitu berenang. Berenang amat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru karena kedua organ inilah yang bekerja secara intens ketika kita berenang. Banyak gaya berenang yang dapat kita lakukan dan kesemuanya akan memberikan efek yang baik untuk tubuh sehingga kita tak perlu bingung tentang gaya berenang apa yang membakar lemak paling baik. Walaupun tidak terlihat berkeringat namun lemak akan tetap terbakar karena berenang membutuhkan banyak energi yang membuat banyak kalori yang terbakar.

3. Senam
Senam sangat baik untuk kesehatan dan sangat banyak macamnya sehingga bisa disesuaikan untuk pria, wanita, anak, dewasa maupun orang tua. Senam juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mudah dilakukan sehingga selain membakar lemak dan menyehatkan jantung, senam juga dapat menjadi penghilang stress yang ampuh.

4. Bersepeda
Bersepeda juga menjadi salah satu latihan kardio terbaik karena bersepeda dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat di kombinasi kan dengan kegiatan sehari-hari. Kita dapat pergi ketempat tujuan kita dengan bersepeda sehingga selain kita dapat sampai ke tempat tujuan, kita juga dapat menyehatkan tubuh kita dengan bersepeda.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar