Bisakah Kita Diet Tanpa Olahraga

Bisakah kita melakukan diet tanpa olahraga? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita mengenal apa itu yang dinamakan diet. Diet sebenarnya adalah jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang atau organisme tertentu, namun di Indonesia diet lebih dikenal dengan menyebut suatu upaya untuk menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian yang kedua yaitu diet dalam artian menurunkan berat badan karena disini kita akan menghubungkannya dengan olahraga. 


Dapatkah kita diet tanpa olahraga?

Pertanyaan tersebut pasti sering muncul di benak anda jika anda menginginkan tubuh yang lebih kurus atau ideal namun anda merasa berat dan malas untuk berolahraga. Pertanyaan itu wajar karena olahraga memang kegiatan yang berat dan melelahkan bagi yang belum terbiasa melakukannya. Pada prinsipnya melakukan diet menurunkan berat badan memang mungkin dilakukan karena dasar teori untuk menurunkan berat badan adalah jumlah kalori yang masuk lebih kecil dari kalori yang keluar atau dibakar. 

Diet tanpa olahraga
Dapatkah kita diet tanpa olahraga?
Namun pada praktiknya cara diet ini justru sangat sulit dilakukan dan tidak disarankan oleh para pakar kesehatan karena dapat menimbulkan bahaya pada tubuh kita. Tanpa melakukan olahraga, aktivitas sehari-hari hanya akan membakar sedikit kalori. Untuk mengimbangi pembakaran kalori yang kecil kita harus memasukkan kalori yang lebih kecil yang akhirnya akan menjebak kita kedalam diet yang tidak sehat seperti tidak makan dan hanya mengkonsumsi air putih saja. Tentu saja hal ini sangat buruk dampaknya pada tubuh kita karena tubuh akan kekurangan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi kita tetap dalam keadaan sehat.

Dampak buruk lainnya dari diet yang tidak diimbangi dengan olahraga adalah hasil dari diet itu sendiri. Anda dapat melihat perbedaan hasil diet dengan dan tanpa berolahraga secara kasat mata. Orang yang berhasil diet dengan olahraga akan terlihat bugar, memiliki otot-otot terlihat bagus, dan bentuk tubuh yang proporsional. Sedangkan yang melakukannya tanpa diiringi dengan olahraga akan terlihat lesu, lemah, pucat, kulit yang tidak kencang, kurus, serta bentuk tubuh yang tidak proporsional. 

Dari uraian diatas kita bisa menyimpulkan bahwa diet tanpa olahraga memang mungkin dilakukan namun akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh kita dan hasilnya sangat tidak sesuai dengan resiko yang ada. Yang paling direkomendasikan adalah diet dengan makanan sehat yang diimbangi dengan olahraga. Anda tinggal menyingkirkan rasa malas dan melakukan olahraga secara rutin sembari anda melakukan diet, maka anda akan mendapatkan penampilan serta kondisi kesehatan terbaik anda. 

Namun jika anda tetap malas berolahraga  untuk mengimbangi diet anda, ada beberapa tips agar anda tetap sehat:

1. Makan makanan yang sehat
Untuk melakukan diet pastikan anda tetap makan dan makanlah makanan yang sehat. Anda bisa mengurangi makanan berminyak, berlemak, gula serta yang mengandung karbohidrat tinggi. Anda harus tetap mengkonsumsi sayur, buah dan protein untuk menjaga asupan nutrisi tubuh anda.

2. Konsumsi banyak air putih.
Air putih memiliki banyak sekali manfaat ketika kita melakukan diet. Manfaat mengkonsumsi banyak air putih tersebut antara lain mengurangi nafsu makan, membuat tubuh kita tetap terjaga serta mencegah agar tidak kekurangan cairan.

3. Lakukan banyak aktivitas.
Walaupun tidak berolahraga namun kita tetap harus membakar kalori agar diet kita berhasil. Cara yang paling ampuh untuk membakar kalori kita ketika melakukan diet tanpa olahraga adalah dengan melakukan banyak aktivitas seperti bersih-bersih rumah, naik turun gedung kantor menggunakan tangga, bersepeda ke tempat tujuan, serta aktivitas-aktivitas lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Bisakah Kita Diet Tanpa Olahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan tengah artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...