BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

8 Variasi Plank Untuk Otot Perut Lebih Kencang

Variasi Latihan Plank- Setiap orang pasti ingin memiliki perut yang kencang baik itu pria maupun wanita. Untuk mendapatkan perut yang kencang kita harus melatihnya dengan olah raga. Jenis olah raga yang sangat umum dilakukan untuk mengencangkan perut adalah latihan sit up namun sebenarnya ada gerakan olah-raga lainnya juga sangat efektif untuk mengencangkan otot perut, yaitu Plank.

Latihan plank sangat baik untuk tubuh kita terutama karena plank tak hanya melatih dan mengencangkan perut namun juga melatih kekuatan bahu, lengan, dan paha bagian depan. Mesti tidak sepopuler sit up tapi plank sangat disarankan untuk melatih otot tengah tubuh anda agar tidak mudah cidera ketika mengangkat beban. Ada banyak Variasi Plank yang bisa anda lakukan, Get Fit ID akan menjelaskan beberapa diantaranya.
Latihan variasi plank
Latihan Plank

Variasi Latihan Plank:

1. Standart plank
Standart plank adalah gerakan plank yang paling mudah dan sederhana. Cara melakukannya ialah letakkan kedua telapak tangan di lantai dengan posisi tangan lurus, lalu luruskan tubuh ke belakang dan gunakan ujung kaki sebagai tumpuan. Pastikan posisi bahu hingga tumit lurus. Tahan posisi ini selama mungkin minimal 60 detik. Jika gerakan ini terlalu mudah, lakukan variasi plank yang lain.
Variasi latihan plank standart
Standart plank

2. Elbow plank
Gerakan elbow plank mirip dengan standart plank namun perbedaannya ialah tidak menggunakan telapak tangan sebagai tumpuan melainkan menggunakan bagian elbow. Cara melakukannya ialah mulai dari posisi standart plank lalu turunkan badan dan jadikan elbow sebagai tumpuan. Tahan posisi ini minimal 60 detik. Lebih sulit menahan tubuh dengan elbow plank daripada standart plank, namun pastikan posisi tubuh tetap lurus. 
Variasi latihan plank elbow
Gerakan Elbow plank

3. Single arm plank
Single arm plank atau plank dengan satu tangan adalah gerakan plank lanjutan dari standart plank maupun elbow plank. Gerakan ini dapat mengambil posisi dasar satndart plank maupun elbow plank. Cara melakukannya ialah mulai dari salah satu posisi plank diatas lalu angkat satu tangan ke atas, geser tangan yang digunakan sebagai tumpuan sedikit ke tengah agar tubuh tetap stabil. 
Variasi latihan plank one arm
Single arm plank

4. Single leg plank
Sama halnya dengan single arm plank, single leg plank adalah gerakan lanjutan dari 2 posisi dasar plank. Cara melakukannya cukup mudah yaitu mulailah dengan posisi standart plank atau elbow plank, setelah itu angkat satu kaki ke atas dan tahan selama mungkin. Gerakan ini dapat dipadukan dengan single arm plank yaitu dengan mengangkat satu kaki dan tangan yang berlawanan.  
Variasi latihan plank single leg
Single leg plank

5. Side plank
Side plank berbeda dengan posisi plank lainya. Latihan plank ini membentuk perut bagian samping dan menggunakan samping telapak kaki dan elbow sebagai tumpuan. Cara melakukanya ialah dengan berbaring menghadap ke samping lalu angkat tubuh anda secara perlahan dengan menaikan tangan anda. Gunakan elbow anda untuk tumpuan. Anda dapat meningkatkan kesulitan latihan ini dengan mengangkat kaki dan tangan satunya ketika melakukan side plank.
Variasi latihan plank side
Side plank

 6. Reverse plank
Reverse plank adalah kebalikan dari standart plank, posisi tubuh ketika melakukan variasi plank ini adalah menghadap ke atas. Cara melakukanya ialah baringkan tubuh anda menghadap ke atas dengan telapak tangan menempel di lantai. Luruskan tangan anda secara perlahan hingga tubuh anda terangkat. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan menjadikan telapak tangan maupun elbow sebagai tumpuan. Lakukan gerakan ini dengan perlahan agar otot tidak terkilir.
Variasi latihan plank Reverse
Reverse plank

7. Extended plank
Extended plank adalah gerakan plank yang cukup sulit dilakukan, pastikan anda mampu melakukan standart maupun elbow plank dengan sempurna sebelum melakukan gerakan ini. Gerakan ini bisa dimulai dengan posisi standart plank lalu mundurkan kaki anda hingga tangan anda berada di depan kepala dan posisi perut mendekati lantai. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan posisi tangan dan kaki yang saling berdekatan maupun melebar. 
Variasi latihan plank extended
Extended plank

8. Knee tuck plank
Knee tuck plank adalah gerakan lanjutan dari standart plank. Cara melakukanya adalah mulai dari posisi standart plank lalu tekuk lutut anda hingga mendekati perut. Tahan posisi ini beberapa detik lalu ganti dengan lutut satunya. Jika pergantian kaki dilakukan secara cepat gerakan ini menjadi gerakan mountain climber yang umumnya dilakukan untuk membakar lemak.
Variasi latihan plank knee tuck
Knee tuck plank

Itulah 8 variasi plank versi ID GET FIT. Latihan plank tersebut sangat membantu untuk membentuk otot perut. Kombinasikan dengan latihan otot perut lainnya seperti sit up agar hasil menjadi maksimal. Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pola makan karena olah raga saja tidak cukup untuk mengecilkan perut buncit dan membentuk perut six pack. Olah raga dan diet harus dijalani secara bersamaan agar menunjukan hasil yang signifikan. Yang lebih penting lagi adalah melakukan semuanya dengan ketekunan. 
Related Posts

Related Posts

1 komentar