BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Kencangkan Otot Anda Dengan 7 Variasi Gerakan Squat

Gerakan squat adalah salah satu gerakan olahraga yang dikenal luas. Hampir semua paket instruksi olahraga memasukkan nya sebagai salah satu gerakan untuk dilakukan bersamaan dengan gerakan lainnya. Hal ini tidak terlepas dari bentuk gerakan yang sederhana dan relatif mudah dilakukan. Meskipun terlihat sederhana dan mudah dilakukan namun squat memiliki manfaat yang amat bagus bagi tubuh antara lain pembakaran lemak, pembentukan otot serta membentuk bokong yang indah bagi wanita.

Squat yang umum dikenal adalah gerakan dasarnya yaitu dimulai berdiri, jongkok lalu berdiri lagi seperti semula. Bagi anda yang sudah terbiasa melakukan squat seperti itu pasti akan merasa terlalu mudah untuk melakukan gerakan dasar tersebut dan akan cenderung merasa bosan untuk melakukannya lagi. Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa meningkatkan tingkat kesulitannya dan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan melakukan berbagai variasi dari gerakan tersebut. Dalam artikel ini Get Fit ID akan membahas mengenai beberapa variasi gerakan squat yang bisa anda praktek dirumah.
Variasi gerakan squat
Gerakan squat

Variasi Gerakan Squat:

1. Squat Dasar
Variasi gerakan yang pertama adalah squat dasar. Squat ini adalah yang paling kita kenal dan gerakannya paling sederhana. Anda bisa memulai gerakan ini dengan berdiri lalu jongkok lalu berdiri lagi seperti semula.

2. Squat Jump
Squat jump hampir mirip dengan squat dasar dan cukup mudah dilakukan. Perbedaan gerakan ini dengan squat dasar adalah jika pada squat dasar anda berdiri seperti semula setelah jongkok, maka pada squat jump anda tidak hanya berdiri setelah jongkok namun disertai dengan lompatan.
variasi gerakan squat jump
Squat jump

3. Single leg squat
Single leg squat adalah gerakan yang sedikit lebih sulit. Gerakan ini membutuhkan keseimbangan ketika melakukannya. Cara melakukannya adalah mulai dengan berdiri lalu angkat satu kaki kebelakang. Setelah itu bengkokkan kaki satunya sampai posisi tubuh serendah mungkin lalu kembali ke posisi semula.
variasi gerakan squat single
Single leg squat

4. Bulgarian split squat
Untuk melakukan gerakan ini anda membutuhkan sebuah bangku. Bulgarian split squat dilakukan dengan cara anda berdiri lalu letakkan bangku dibelakang anda. Angkat satu kaki kebelakang lalu letakkan ujung kaki anda di atas bangku tersebut. Turunkan tubuh anda dengan membengkokkan kaki seperti pada single leg squat. 

5. Pistol squat.
Gerakan ini mirip dengan single leg squat namun membutuhkan keseimbangan yang lebih. Jika single leg squat dilakukan dengan satu kaki diangkat kebelakang, pistol squat dilakukan dengan satu kaki terangkat lurus kedepan begitu juga kedua tangan berada lurus di depan.

6. Squat jack.
Squat jack sedikit berbeda  dari gerakan lainnya. Jika gerakkan lainnya lebih fokus pada gerakan jongkok, maka squat jack lebih fokus pada gerakan lompat-lompat kecil. Cara melakukannya adalah posisikan tubuh pada posisi setengah jongkok lalu melompat kecil sambil lebarkan kaki, setelah ini melompat kecil lagi dan dekatkan kedua kaki.

7. Weighted squat
Weighted squat adalah gerakan yang dilakukan untuk menaikkan tingkat kesulitan semua variasi latihan squat diatas. Gerakannya sama seperti macam-macam squat diatas namun weighted squat dilakukan dengan cara menambahkan beban pada tubuh kita dengan membawa pemberat yang bisa berupa dumble, barbel, rompi pemberat dan lain sebagainya.
variasi gerakan squat weighted
Weighted squat


Itulah variasi gerakan squat versi Get Fit ID yang dapat anda coba untuk meningkatkan level latihan anda. Squat sangat baik untuk pembakaran lemak dan pembentukan otot di paha, betis dan pantat. Selain membakar lemak dan membentuk otot, latihan-latihan tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan fisik anda untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya. Seperti melakukan latihan lainnya, untuk hasil yang maksimal anda tetap harus berlatih dengan tekun.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar