10 Manfaat Olah Raga Lari Yang Luar Biasa

Olahraga lari atau running merupakan jenis olahraga kardio yang paling digemari karena olahraga ini sangat murah karena kita tidak memerlukan biaya untuk membeli alat atau pun menyewa tempat khusus. Selain murah, olahraga lari juga sangat praktis karena dapat dilakukan dimana saja baik itu di jogging track maupun di dalam rumah dengan cara berlari di tempat.  Walaupun murah serta mudah namun manfaat olahraga lari bagi tubuh sangatlah banyak  dan hal ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang di dunia. 


Olahraga lari ada banyak sekali jenisnya mulai dari jalan cepat, lari ditempat, jogging, sprint, high knee, lari jarak dekat dan juga lari marathon. Dari jenis-jenis lari tersebut kesemuanya memiliki manfaat yang sama namun intensitas dan besar manfaatnya saja yang berbeda. Dalam artikel ini Get Fit ID akan membahas mengenai 10 manfaat olahraga lari bagi tubuh kita.
manfaat olahraga lari
Olahraga lari

Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan:

1. Membakar kalori
Selama ini lari dikenal oleh semua orang sebagai olahraga pembakar lemak dan kalori yang efektif. Karena manfaat ini lari atau jogging biasanya menjadi olahraga wajib bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Hal itu karena gerakan lari membutuhkan banyak energi apalagi jika berlari dalam waktu lama dan intensitas yang tinggi. Semakin lama kita berlari dan semakin tinggi intensitas nya, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

2. Menyehatkan Jantung
Anda yang pernah lari atau jogging pasti pernah merasakan jantung anda berdegup kencang ketika berlari. Lari adalah jenis olahraga cardio yaitu jenis olahraga yang membuat jantung dan peredaran darah bekerja. Jantung ayang sering bekerja keras akan semakin terlatih dan semakin kuat sehingga resiko penyakit jantung dapat berkurang.

3. Memperkuat otot dan tulang kaki
Ketika berlari, kaki akan menjadi tumpuan beban dan pusat semua gerakan tubuh. Gerakan-gerakan pada kaki tersebut akan meningkatkan kekuatan tulang dan otot kaki sekaligus meningkatkan keseimbangan dan koordinasi nya.

4. Mengoptimalkan pernafasan
Ketika kita berlari pernafasan akan terasa berat namun sebenarnya ini adalah kondisi dimana nantinya pernafasan kita akan menjadi lebih baik. Pengaturan nafas menjadi sangat penting ketika berlari agar kita dapat lari dengan waktu yang cukup lama. Dengan kondisi tersebut paru-paru kita akan semakin kuat dan terlatih, selain itu pengaturan tempo nafas pun akan semakin baik sehinhha pernafasan kita jadi lebih optimal. 

5. Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit
Saat lari metabolisme tubuh kita akan meningkat. Meningkatnya metabolisme tubuh akan membuat tubuh mengeluarkan zat-zat beracun dan memproduksi zat-zat baik yang akan melindungi tubuh dri berbagi virus. Dengan rutin melakukan jogging ketahanan tubuh kita akan meningkat dan menjadi jarang terserang sakit. 

6. Meningkatkan kualitas tidur.
Olahraga lari membuat tubuh kita merasa lelah dan secara tidak sadar membutuhkan istirahat. Kebutuhan biologis tubuh ini akan membuat seluruh bagian tubuh kita beristirahat ketika kita tidur sehingga kualitas tidur pun akan meningkat dan tidur menjadi lebih nyenyak.

7. Mengurangi resiko diabetes
Gula merupakan salah satu sumber energi dalam tubuh kita dan jika itu menumpuk akan menimbulkan resiko penyakit diabetes. Olahraga lari menggunakan banyak energi dan untuk mendapatkan energi tersebut tubuh membakar lemak dan gula sebagai sumber kalori. Dengan menurunnya kadar gula dalam tubuh kita karena menjadi energi, maka resiko diabetes pun akan menurun.

8. Mengurangi resiko hipertensi
Hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah meningkat. Olahraga lari bisa menjadi solusi dari masalah ini karena jogging dapat meningkatkan kinerja jantung dan peredaran darah. Peredaran darah yang bekerja sempurna akan membantu membuat tekanan darah kembali normal. 

9. Meningkatkan Stamina
Melakukan gerakan yang sama dan dalam waktu yang lama akan meningkatkan stamina seseorang. Lari dalam waktu yang relatif lama akan membuat tubuh terbiasa dengan gerakan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama sehingga tubuh menyesuaikan nya dengan meningkatkan stamina agar mampu lari dan melaku kan kegiatan lain dalam waktu yang lebih lama.

10. Menghilangkan stress
Yang terakhir adalah jogging atau lari dapat menghilangkan stres. Saat bergerak dan ber olahraga tubuh akan menghasilkan hormon yang mengurangi rasa stres. Selain itu jika kita berlari di jogging track kita akan melihat sekitar dan terkadang mengobrol sambil berlari, hal-hal inilah yang juga dapat membantu melepaskan penat dan stress.

Itulah berbagai macam manfaat olahraga lari bagi tubuh kita versi Get Fit ID. Semua manfaat tersebut akan cepat terasa jika anda rutin melakukannya dan melakukan cara lari yang benar. Yang perlu diingat adalah mulailah dengan intensitas yang paling rendah terlebih dahulu lalu tingkatkan ke intensitas lari yang lebih tinggi dan jangan lupa lakukan pemanasan sebelum mulai berlari. 

3 Komentar untuk "10 Manfaat Olah Raga Lari Yang Luar Biasa"

  1. Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga manfaatnya tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu manfaat, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Manfaat Olahraga untuk Pertumbuhan

    Salam sehat, dan panjang umur. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih agan juragan atas tanggapan dan do'a nya, akan saya usahakan terus untuk menulis lebih baik lagi agar bermanfaat

      Hapus
    2. Sama sama pak andi febrian

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan tengah artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...