BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

10 Manfaat dan Fungsi Protein Yang Luar Biasa

Manfaat protein - Trend yang berkembang saat ini membuat orang mengenal fungsi protein hanya untuk mengembangkan otot. Penggunaannya yang umum digunakan oleh kalangan praktisi binaraga lah yang membuat persepsi seperti itu. Akibat dari persepsi tersebut banyak orang yang menjadi tidak tahu akan manfaat lainnya yang sudah terbukti secara ilmiah. 

Protein terbukti secara ilmiah memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari yang umum diketahui seperti meningkatkan massa otot sampai dengan mempengaruhi kerja otak. Intinya protein sangat berperan penting dalam tubuh kita. Dalam artikel ini Get Fit ID akan menjelaskan tentang beberapa fungsi protein untuk tubuh kita.
Manfaat protein
Sumber protein

Fungsi Protein Untuk Tubuh Kita:

1. Meningkatkan massa otot
Manfaat protein yang pertama tentu saja meningkatkan massa otot. Anda pasti juga telah mengetahui hal ini,  Setiap praktisi binaraga pasti mengkonsumsi banyak protein dalam menu diet nya untuk memperoleh badan yang kekar dan berotot karena memang itulah fungsi utama protein bagi binaraga yaitu untuk membangun otot. Sedangkan bagi selain praktisi binaraga otot juga amat penting untuk menunjang aktivitas harian sehingga amat penting untuk memberi asupan protein untuk perkembangan otot.

2. Mengurangi kalori yang masuk dan mengurangi rasa lapar.
Makanan yang mengandung banyak protein adalah makanan yang mengenyangkan sehingga jika kita mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi maka secara otomatis kita akan merasa kenyang dan memasukan lebih sedikit kalori kedalam tubuh kita. Melakukan pengaturan pola makan tinggi protein seperti ini akan membuat berkurangnya konsumsi kalori kita dan sangat baik bagi yang menjalankan diet.

3. Menghilangkan lemak
Selain mengurangi kalori yang masuk dalam tubuh kita, makan banyak protein juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh kita. Mengapa demikian? Ini adalah suatu efek yang terjadi jika kita mengkonsumsi protein. Tubuh akan membakar lemak dan kalori untuk mencerna protein, hal inilah yang akan membuat lemak kita berkurang jika mengkonsumsi nya. Untuk itu mengkonsumsi protein amat baik untuk mereka yang sedang dalam program diet mengurangi lemak.


4. Meningkatkan kekuatan
Protein dapat meningkatkan kekuatan tubuh kita. Peningkatan kekuatan ini sejalan dengan meningkatnya massa otot tubuh. Semakin besar massa otot tubuh maka semakin besar kekuatan kita. Selain itu kekuatan juga akan terbentuk dari latihan, protein inilah yang mempercepat proses latihan karena mempercepat proses pemulihan otot pasca latihan.

5. Meningkatkan kepadatan tulang
Asam yang terdapat dalam protein membuat tulang keropos adalah mitos. Justru sebaliknya, dalam berbagai penelitian protein terbukti meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis. Konsumsi protein yang tinggi akan membuat hormon IGF-1 aktif dan berperan sebagai perantara dalam sistem metabolisme tulang. Selain itu protein akan meningkatkan massa otot sehingga juga akan memperkuat kekuatan tulang.

6. Meningkatkan fungsi otak
Protein merupakan makanan yang sangat penting untuk otak kita. Protein memberi gizi pada otak kita yang berperan untuk meningkatkan kesadaran dan kontrol. Selain itu konsumsi Protein juga akan mencegah kerusakan otak seiring penuaan tubuh kita.

7. Kualitas tidur yang lebih baik
Protein meningkatkan keseimbangan zat-zat kimia dalam tubuh yang membuat kita lebih terjaga dan lebih energik ketika siang hari namun menjadi sangat mengantuk dan ingin sekali beristirahat ketika malam hari. Hal inilah yang membuat orang yang mengkonsumsi banyak protein tidur lebih nyenyak dan jarang terjaga di malam hari.

8. Meningkatkan kesehatan kulit, kuku dan rambut.
Kulit, kuku, dan rambut terdiri dari jaringan protein sehingga kesehatan nya akan sangat dipengaruhi oleh jumlah protein harian yang kita konsumsi. 

9. Mempercepat penyembuhan diri dari cidera
Saat kita berlatih latihan fisik, pasti otot kita akan rusak. Rusaknya otot memang bagian dari sebuah latihan dan otot yang rusak akan berkembang menjadi lebih kuat. Namun agar otot tidak terlalu lama mengendur ketika dalam keadaan cidera maka otot kita harus segera pulih. Disini lah protein berperan. Konsumsi protein yang tinggi akan meningkatkan kecepatan pemulihan setelah cidera dan rusaknya otot.

10. Meningkatkan kualitas hidup
Kesehatan adalah salah satu standar kualitas hidup kita. Konsumsi protein yang tinggi akan mengurangi resiko Gula darah yang tinggi, diabetes, penyakit jantung. Bahkan, sebuah study mengatakan bahwa beberapa jenis protein seperti whey meningkatkan kemampuan antioksidan dalam tubuh kita. Selain itu konsumsi protein yang rendah akan membuat tubuh kita mengalami penuaan karena menurunnya massa otot, fungsi tubuh yang tak bekerja dengan baik dan tubuh menjadi lemah. 


Itulah 10 fungsi protein versi Get Fit ID. Selain manfaat protein diatas masih banyak yang lainnya. Protein tidak dapat disimpan dalam tubuh, karena itu sebaiknya kita hanya mengkonsumsi protein sesuai dengan kebutuhan harian kita. Protein yang dibutuhkan tiap orang pun berbeda-beda, ada baiknya jika kita mencari tahu kebutuhan protein harian kita sebelum menentukan jumlah protein yang akan kita konsumsi. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar