BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Bentuk Otot Kaki Dirumah Dengan 15 Gerakan Ini

Cara membentuk otot kaki - Kebanyakan orang yang baru memulai membentuk otot tubuh umumnya akan lebih fokus pada pembentukan otot tubuh bagian atas dan melupakan pembentukan otot tubuh bagian bawah yaitu otot kaki, padahal bagian otot ini sangat penting. Jika kita tidak melatih otot kaki kita dan hanya melatih otot tubuh bagian atas maka bentuk tubuh akan terlihat aneh, bayangkan lengan yang besar, dada dan punggung yang bidang namun memiliki kaki kecil, aneh bukan? Bukan hanya soal penampilan saja, otot kaki yang lemah akan membuat kemampuan fisik kita buruk dan latihan pun tidak dapat maksimal. Ketika tubuh bagian atas kita mampu mengangkat beban berat namun otot kaki kita lemah maka akan berimbas pada goyah nya tubuh ketika mengangkat beban itu sehingga akhirnya bisa menimbulkan cidera.

Kaki merupakan bagian yang paling kuat dari tubuh kita sehingga untuk melatih nya pun butuh latihan yang lebih intense. Karena pada dasarnya kaki sudah merupakan bagian yang kuat maka cara memperkuat otot kaki biasanya dilakukan dengan menambahkan beban lebih banyak daripada ketika kita melatih tubuh bagian atas. Namun untuk melatih otot kaki kita tidak perlu bingung karena ada yang bisa dilakukan dirumah dan tanpa memerlukan alat. Kali ini Get Fit ID akan cara memperkuat otot kaki dirumah dengan gerakan-gerakan yang relatif sederhana.

BACA JUGA: Kecilkan Paha anda dengan latihan mudah ini

Cara membentuk otot kaki di rumah:

Ada banyak sekali cara melatih otot kaki dirumah baik dengan alat yang sederhana seperti kursi, tangga, tali atau pun tanpa menggunakan alat sama sekali. Namun jika latihan-latihan berikut sudah menjadi terlalu mudah maka gunakan lah pemberat seperti dumble.

1. Calf raise
Gerakan ini merupakan gerakan yang paling sederhana. Gerakan ini menargetkan latihan pada otot betis. Cara melakukan gerakan ini amat mudah, anda hanya perlu berdiri lalu jinjitkan kaki anda dan kembali lagi ke posisi semula. Untuk meningkatkan tingkat kesulitan latihan ini anda dapat membawa beban di kedua tangan anda atau anda dapat menggunakan pijakan ujung kaki setinggi tumit anda ketika melakukan gerakan ini.

2. Lunges
Lunges adalah latihan yang amat efektif untuk melatih otot paha dan betis. Cara melakukannya cukup mudah, mulailah dari posisi berdiri lalu langkah kan satu kaki ke depan turunkan lutut kaki yang satunya sampai menyentuh lantai lalu kembali ke posisi semula. Anda dapat menggunakan barbel untuk menambah beban tubuh anda.
Cara membentuk otot kaki lunges
Cara membentuk otot kaki dengan lunges

3. Squat
Cara membentuk otot kaki selanjutnya adalah dengan gerakan squat. Squat adalah gerakan berjongkok lali berdiri ke posisi semula. Latihan ini amat efektif untuk memperkuat otot paha dan betis sehingga banyak sekali orang yang melakukan latihan ini. Anda dapat meningkatkan tingkat kesulitanya dengan melakukan squat jump atau menambah pemberat pada tubuh anda.

4. Step up
Step up adalah gerakan yang merepresentasikan gerakan ketika kita menaiki tangga. Gerakan ini amat baik untuk menguatkan otot betis ,paha serta pergelangan kaki. Cara melakukannya adalah dengan gerakan naik turun di pijakan kaki. Untuk pijakan kakinya kita dapat menggunakan anak tangga maupun kursi.

5. Plank jump in
Gerakan plank jump in ini terlihat mudah namun sebenarnya cukup melelahkan untuk dilakukan. Gerakan ini dimulai dengan memposisikan tubuh berjongkok dan telapak tangan menempel dilantai. Setelah itu lemparkan kaki kebelakang hingga tubuh menjadi lurus lalu Kembali ke posisi awal berjongkok.

6. High jump
Cara memperkuat otot kaki berikutnya adalah high jump. High jump adalah gerakan melompat setinggi-tingginya hingga lutut mendekati perut, ketika melakukan gerakan ini pastikan anda mendarat dengan sempurna untuk menghindari cidera.

7. Box jump.
Box jump adalah gerakan melompat ke atas sebuah pijakan yang diletakkan di depan. Gerakan ini mirip dengan high jump namun gerakan box jump dilakukan dengan melakukan pendaratan di atas sebuah pijakan.
Cara memperkuat otot kaki box jump
Cara memperkuat otot kaki dengan box jump

8. Skiping
Skiping adalah gerakan melompat-lompat dengan tali. Gerakan ini umum dilakukan karena juga berfungsi untuk membakar lemak secara efektif. Gerakan ini menargetkan perkembangan otot pergelangan kaki dan betis.

9. Sprint
Cara melatih otot kaki selanjutnya adalah dengan sprint. Sprint adalah gerakan berlari sekuat tenaga. Lakukan sprint dengan jarak dekat seperti 30 meter, 50 meter atau 100 meter. Lakukan gerakan ini berulang ulang agar hasil maksimal.

10. Side lunges.
Side lunge adalah gerakan lunge ke arah samping. Cara melakukannya adalah berdiri lurus lalu geser salah satu kaki hingga posisi seperti berjongkok namun dengan kaki satunya tetap lurus.

Cara memperkuat otot kaki dengan combat training:

Combat training merupakan gerakan olahraga dengan meniru gerakan dalam bela diri. Melatih otot kaki dengan combat training sangat efektif karena latihan ini memang difungsikan untuk tujuan tersebut.

1. Knee strike.
Knee strike atau gerakan menyerang dengan lutut adalah gerakan yang umum digunakan dalam beladiri muai thay. Gerakan ini memanfaatkan kekuatan explosif pada otot paha dan betis. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara melompat untuk meningkatkan tingkat kesulitanya.

2. Front kick,
Gerakan front kick ini sangat umum digunakan pada beladiri karate. gerakan ini dapat melatih betis dan pergelangan kaki.

3. Side kick.
Side kick adalah gerakan menendang ke samping yang menggunakan keseluruhan otot kaki. Gerakan ini juga membuat keseimbangan tubuh kita meningkat.
cara melatih otot kaki sidekick
Cara melatih otot kaki dengan sidekick

4. Turning kick
Turning kick adalah gerakan menendang ke depan yang dimulai dari samping tubuh dan memiliki manfaat yang hampir sama dengan side kick, gerakan ini juga dapat melatih keseimbangan, namun gerakan ini juga akan melatih pinggul kita.

5. Back kick.
Yang terakhir adalah dengan gerakan back kick. Back kick adalah gerakan menendang ke belakang, gerakan ini dapat mengencangkan otot kaki.

Itulah 15 cara membentuk otot kaki yang sangat efektif untuk dilakukan dirumah versi Get Fit ID. Untuk hasil maksimal dan untuk menghindari kebosanan pilihlah tiga sampai empat cara memperkuat otot kaki diatas dalam sehari dan kombinasikan gerakan lain untuk hari berikutnya. Karena pentingnya melatih otot kaki maka mulailah dari sekarang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
Related Posts

Related Posts

1 komentar