BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

15 Jenis Latihan Membentuk Otot Bahu Tanpa Perlu Ke Gym

Cara membentuk otot bahu - Mendapatkan bahu yang terlihat kokoh dan kekar akan membuat tubuh terlihat lebih sempurna. Dengan memiliki otot bahu yang bagus maka akan membuat perut dan pinggang terlihat lebih kecil sehingga tubuh akan membentuk seperti huruf V yang akan membuat tubuh menjadi menarik dan lebih atletis untuk dilihat. Anda tertarik untuk mulai melatihnya secara maksimal? tidak perlu khawatir, melatih otot bahu agar terlihat indah relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan membentuk otot tubuh di bagian lain.
Otot bahu dapat lebih mudah dibentuk dibandingkan otot lain karena ada dua faktor. Faktor yang pertama adalah bahu adalah tempat terakhir menumpuk nya lemak sehingga otot dibagian ini akan cepat berkembang dan akan mudah terlihat. Faktor yang ke-dua adalah otot ini sangat fleksibel dan mampu bergerak lebih leluasa dibandingkan otot tubuh lainnya sehingga variasi latihan otot bahu yang dapat kita lakukan pun sangat banyak.

Pada artikel ini Get Fit ID akan membahas tentang cara membentuk otot bahu yang efektif di rumah tanpa perlu untuk pergi ke gym dan hanya membutuhkan peralatan yang portable.


Cara Membentuk Otot Bahu Dengan bodyweight training:

Latihan otot bahu dengan bodyweight training sengat mudah dilakukan karena banyak sekali macam gerakan bodyweight training yang melibatkan otot bahu. Selain itu bodyweight training sangat efektif karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

1. Arm circle
Gerakan pertama dan yang amat mudah dilakukan untuk melatih otot bahu dengan bodyweight training adalah  arm circle. Gerakan ini dilakukan dengan meluruskan tangan ke samping lalu putar ke depan/ kebelakang berulang ulang. Latihan ini dapat melatih fleksibilitas bahu.
Latihan otot bahu arm circle
Gerakan arm circle

2. Push up
Push up adalah latihan standar yang dapat membentuk otot bagian atas tubuh kita termasuk bahu. Gerakan push up membutuhkan kekuatan bahu yang besar untuk menahan beban tubuh kita sehingga latihan push up akan sangat membantu untuk latihan otot bahu.
melatih otot bahu push up
Push up

3. Pull up
Gerakan pull up biasanya digunakan untuk melatih otot punggung, tapi jangan salah, gerakan ini tidak hanya melatih otot punggung namun juga forearm, lengan, dada, bahu, hingga perut. Otot bahu berperan penting dalam melakukan gerakan ini, Pull up mengangkat seluruh tubuh ke atas sehingga otot bahu pun dibutuhkan untuk melakukannya.
cara membentuk otot bahu pull up
Pull up

4. Plank
Plank adalah latihan gerakan statis namun sangat efektif untuk pembentukan otot mulai dari otot bahu hingga ke paha. Gerakan plank membutuhkan otot bahu untuk menahan posisi dalam waktu yang lama sehingga otot bahu menjadi lebih kencang dan stabil.
melatih otot bahu plank
Plank

BACA JUGA: Kecilkan perut buncit dengan calisthenic training

5. Shoulder taps
Shoulder taps merupakan gerakan yang sederhana namun dapat menjadi latihan yang baik untuk otot bahu. Anda dapat melakukan ini dengan memulai gerakan ini dengan posisi awal push up setelah itu tepuk salah satu bahu anda dengan tangan lainnya dan lakukan secara bergantian.
Latihan otot bahu shoulder tap
Shoulder tap

6. Plank jump in
Latihan plank jump in dapat melatih otot dari bahu hingga kaki. Gerakan ini merupakan gerakan yang sederhana namun cukup melelahkan bila belum terbiasa melakukannya. Anda dapat memulai gerakan ini dengan posisi jongkok lalu letakkan kedua telapak tangan di lantai. Setelah itu lemparkan kaki anda ke belakang dengan menjadikan tangan anda sebagai tumpuan seperti pada posisi awal push up. Tarik kembali kaki anda hingga kembali pada posisi jongkok dengan telapak tangan tetap menempel di lantai. Selain melatih otot, latihan ini juga berguna untuk membakar lemak secara efektif.
cara membentuk otot bahu plank jump in
Plank jump in

7. Jumping jack
Jumping jack adalah gerakan aerobik yang amat sederhana dan mudah dilakukan. Gerakan ini dapat melatih fleksibilitas otot bahu. Anda hanya perlu melompat sambil menepukkan tangan diatas sehingga otot bahu bekerja.
Latihan otot bahu jumping jack
Jumping jack


Latihan Otot bahu dirumah dengan dumble:

Dumble merupakan alat kebugaran yang sangat efektif untuk latihan dirumah. Ukurannya yang relatif kecil dan mudah digunakan membuat alat ini sangat umum digunakan. Dumble adalah pemberat yang digunakan untuk dibawa dengan tangan sehingga latihan dengan alat ini akan banyak memanfaatkan otot bahu. Variasi latihan otot bahu dengan dumble ada banyak, namun Get Fit ID akan menjelaskan mengenai beberapa gerakan tersebut.

1. Shoulder press
Sesuai namanya, Shoulder press adalah gerakan untuk melatih otot bahu dengan dumble. Latihan ini sangat efektif. Cara melakukan latihan ini anda hanya perlu mengangkat dumble di kedua tangan dekat dengan bahu dengan telapak tangan menghadap ke depan. Setelah itu angkat dumble ke atas hingga siku hampir lurus. Turunkan perlahan ke posisi semula setelah menahanya diposisi atas beberapa saat.
melatih otot bahu shoulder press
Gerakan shoulder press

2. Shoulder shrug
Shoulder shrug merupakan latihan otot bahu yang mudah dilakukan. Anda hanya perlu membawa dumble dengan kedua tangan anda disamping paha dan telapak tangan menghadap ke tubuh kita. Setelah itu angkat bahu kita hingga serasa mendekati leher dan turunkan kembali setelah ditahan di posisi tersebut selama beberapa saat.
melatih otot bahu shoulder shrug
shoulder srugh

3. Front raise
Gerakan front raise dilakukan dengan posisi awal membawa dumble dengan kedua tangan kita berada didepan paha dan telapak tangan menghadap ke dalam. Setelah itu angkat dumble ke depan hingga tangan lurus dengan bahu. Tahan posisi lurus beberapa saat lalu turunkan. Lakukan gerakan ini dengan satu tangan secara bergantian agar tubuh lebih stabil.
cara membentuk otot front raise
Front raise

4. Lateral raise
Gerakan lateral raise dapat dimulai dengan membawa kedua dumble di depan pinggang kita dan telapak tangan menghadap satu sama lain. Setelah itu, angkat kedua tangan kesamping hingga posisi tangan hampir tegak lurus dengan bahu. Kembali ke posisi semula setelah berhenti beberapa saat pada posisi tangan lurus kesamping.
Latihan otot bahu Lateral raise
Lateral raise

Melatih otot bahu dirumah dengan body combat:

Cara membentuk otot bahu tanpa harus pergi ke gym yang terakhir adalah dengan variasi gerakan body combat. Body combat sendiri merupakan gerakan aerobik yang meniru gerakan bela diri. Latihan ini sangat efektif untuk melatih otot bahu karena gerakan bela diri dengan menggunakan tangan pada umumnya memanfaatkan dan membutuhkan otot bahu yang kuat.

1. Punch
Gerakan punch atau memukul digunakan hampir di seluruh cabang beladiri, salah satunya tinju. Jika anda melihat petinju anda pasti akan melihat sosok dengan bahu yang besar dan terlihat kuat. Salah satu latihan para petinju tersebut untuk mendapatkan bahu yang kuat dan kokoh adalah dengan gerakan punch atau memukul.
Latihan otot bahu Lateral raise
Gerakan punch atau memukul

2. Uppercut
Uppercut adalah gerakan memukul dari bawah ke atas. Gerakan ini umum digunakan petinju untuk membuat lawan KO. Untuk melakukan gerakan ini kita tak hanya membutuhkan bahu yang kuat namun juga fleksibel sehingga dengan melakukan latihan dengan gerakan uppercut kita juga akan mendapatkan bahu yang fleksibel.
melatih otot bahu uppercut
uppercut

3. Hook
Melatih otot bahu juga dapat dilakukan dengan gerakan hook. Hook adalah gerakan memukul dari samping. Gerakan ini membutuhkan kekuatan bahu. Jika kita sering berlatih dengan gerakan ini bahu akan dapat melakukan gerakan ke samping secara explosif dan membuat otot bahu makin kuat.
Latihan otot bahu hook
Hook

4. Elbow strike
Latihan otot bahu yang terakhir yang akan dibahas Get Fit ID adalah Elbow strike. Gerakan ini adalah gerakan body combat yang sangat tergantung pada otot bahu karena seluruh kekuatannya terpusat pada gerakan bahu. Dengan melakukan gerakan ini anda akan mendapatkan kekuatan dan fleksibilitas bahu yang sangat baik.
Latihan otot bahu elbow strike
Gerakan elbow strike

BACA JUGA: Bentuk Badan Atletis Dengan Latihan Muay Thai


Itulah 15 cara membentuk otot bahu versi Get Fit ID. Selain gerakan-gerakan diatas, masih banyak lagi gerakan lain yang dapat dilakukan dirumah dan tanpa perlu pergi ke gym. Lakukan gerakan-gerakan tersebut dengan cara yang benar dan tidak terburu-buru agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Related Posts

Related Posts

9 komentar