BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Hilangkan Perut Buncit Secara Cepat dengan 15 Gerakan Ini

Olahraga Mengecilkan Perut - Banyak pria maupun wanita yang mengalami masalah dengan perut buncit dan ingin mengatasinya dengan cepat. Mengecilkan perut buncit sebenarnya mudah dilakukan asalkan mau untuk melakukan diet dan olahraga teratur. Diet dan olahraga adalah hal yang tidak dapat dipisahkan untuk mengatasi masalah ini. Untuk diet, kita bisa menemukan macam-macam cara diet di internet dan tinggal melakukannya secara teratur.

Sedangkan melatih perut sebenarnya tidak terfokus pada olahraga sit up seperti yang banyak orang ketahui karena sit up fungsinya adalah untuk membentuk otot perut, bukan untuk mengecilkan nya. Pembentukan otot perut sendiri sebaiknya tidak dilakukan jika tidak disertai dengan melakukan olahraga yang membakar lemak dalam perut karena justru dapat membuat perut lebih tebal dan lebih besar karena otot perut yang tertutup lemak akan membesar sehingga mendorong lemak yang berada di atasnya. Karena itu olahraga yang dilakukan untuk mengecilkan perut buncit terbagi menjadi 2 yaitu olahraga kardio untuk membakar lemak dan olahraga untuk membentuk otot perut.

Olahraga mengecilkan perut
Perut yang terlatih

Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit:

1. Jogging/ lari
Lari adalah olahraga yang sangat populer untuk membakar lemak. Olahraga ini populer karena mudah untuk dilakukan, siapapun bisa melakukannya. selain mudah dilakukan, lari juga murah karena anda hanya butuh sepasang sepatu dan bisa dilakukan dijalan depan rumah anda. Kalaupun anda tak memiliki waktu di pagi atau sore hari untuk lari, anda tetap bisa melakukannya di siang atau malam hari di gym dengan menggunakan treadmill. Agar lari anda dapat maksimal, ajaklah teman atau berlarilah di area jogging untuk meningkatkan motivasi anda.

2. Bersepeda
Bagi anda yang suka bersepeda lanjutkan lah hobi itu karena bersepeda merupakan salah satu olahraga mengecilkan perut buncit. Jika ingin meningkatkan jumlah kalori yang terbakar tingkatkan saja jarak tempuh dan lakukan di jalan-jalan menanjak maka anda akan merasakan pembakaran kalori di tubuh anda. Selain dilakukan dijalan anda juga dapat bersepeda di gym dengan menggunakan sepeda statis. Jika anda biasa mengendarai mobil atau sepeda motor cobalah untuk bersepeda ke tempat tujuan anda.

3. Elliptical trainer
Ini adalah olahraga yang mudah namun bisa membakar 300 kalori dalam setengah jam latihan. Anda dapat menemukan alat ini di gym, sebuah alat yang merepresentasikan kondisi berjalan dan menaiki tangga namun anda dapat mengatur tekanan yang anda butuhkan ketika berjalan. Selain membakar lemak olahraga dengan alat ini dapat mengencangkan otot perut hingga kaki anda.

4. Burpees
Burpees adalah gerakan olahraga yang membakar banyak sekali kalori. Selain itu gerakan ini mengencangkan seluruh otot tubuh karena melibatkan gerakan  kaki dan tangan. Cara melakukannya ialah mulai dari posisi berdiri lalu jongkok. Lalu, Letakkan kedua telapak tangan di lantai dan lemparkan kedua kaki ke belakang sehingga seperti posisi push up. Tarik kedua kaki dan kembali ke posisi jongkok. Setelah itu, berdiri dan kembali seperti semula. Lakukan berulang-ulang semampu anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Jumping rope/ lompat tali
Mungkin lompat tali terlihat olahraga yang mudah dan sering diremehkan. Tetapi olahraga ini sebenarnya sangat baik untuk membakar kalori karena membutuhkan konsentrasi dan koordinasi tubuh ketika melakukannya. Anda bisa lihat banyak sekali atlit mulai dari atlit senam, pemain sepak bola, bahkan petinju semuanya memasukkan latihan lompat tali dalam menu latihan mereka sehari-hari.

6. Squat jump
Anda pasti tau gerakan squat jump ini. Squat jump umumnya sudah diperkenalkan sejak sekolah dasar dan masuk dalam pelajaran olahraga. Gerakan jongkok lalu melompat ini dapat membakar lemak dan mengencangkan otot pada perut hingga kaki.

7. Kettlebell swing.
Alat yang bernama kettlebell ini mungkin masih jarang dikenal di Indonesia. Namun, di luar negeri alat ini sudah banyak dikenal karena dengan menggunakannya kita dapat meningkatkan intensitas latihan kita dan tentu saja meningkatkan intensitas pembakaran lemak di tubuh kita. Kettlebell swing atau mengayunkan kettlebell amat bermanfaat dalam pembakaran lemak kita karena beban yang kita ayun kan membuat tubuh kita mengeluarkan tenaga extra.

Selain 7 gerakan yang terfokus pada gerakan kardio yang membakar lemak, ada juga gerakan-gerakan untuk membentuk otot tubuh anda agar lebih terlihat ramping dan indah.

8. Sit up dan crunch
Gerakan sit up dan crunch umumnya dipercaya sebagai satu-satunya cara mengencangkan perut dengan membakar lemak di perut karena gerakannya yang terpusat pada perut. Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar karena sebenarnya kita tidak dapat membakar lemak di perut secara khusus sehingga diperlukan 7 latihan diatas untuk membakar seluruh lemak di tubuh termasuk di perut. Gerakan sit up dan crunch sendiri sebenarnya berfungsi untuk melatih otot perut agar semakin kuat dan kencang.

9. Plank.
Plank adalah gerakan statis untuk melatih keseimbangan dengan kekuatan tubuh bagian tengah. Plank melatih otot lengan, bahu, perut, dan paha. Plank sangat efektif untuk pembentukan otot perut agar datar dan kencang. Cara melakukannya adalah tempel kan siku anda di lantai, lalu rentang kan tubuh anda dan gunakan ujung kaki anda sebagai tumpuan, tahan posisi ini selama mungkin. 

10. Spiderman push up
Spiderman push up adalah salah satu variasi push up yang fokus pada pembentukan otot perut. Latihan ini melatih dada dan otot perut samping. Caranya dengan memulai dari posisi push up pada umumnya lalu ketika melakukan push up tekuk salah satu kaki ke samping sehingga lutut sejajar dengan pantat. Lakukan latihan ini dengan mengganti kaki yang ditekuk secara bergantian

11. Mountain Climber
Gerakan olahraga mengecilkan perut yang satu ini melatih otot perut dan otot dada. gerakan mountain climber ini dimulai dengan posisi awal push up lalu bengkokkan salah satu lutut hingga mendekati dada. Gerakan ini akan memberikan tekanan pada otot perut bagian tengah. Lakukan gerakan ini dengan lutut satunya dan lakukan secara berulang-ulang.


12. Leg raise
Gerakan Leg raise merupakan salah satu gerakan yang cukup sulit bagi yang masih jarang melatih otot perut namun gerakan ini akan membuat otot perut bawah anda terlatih. Cara melakukan leg raise adalah dengan merebahkan tubuh anda lalu angkat kedua kaki ke atas dengan posisi tegak lurus. Lakukan dengan perlahan dan pastikan kaki anda tetap lurus ketika mengangkat kaki hingga sampai posisi tegak lurus. Turunkan perlahan dengan kaki tetap lurus hingga kembali ke posisi semula. Leg raise juga dapat dilakukan dengan cara menggantungkan tubuh di pull up bar.

13. V ups.
Latihan untuk membentuk otot perut yang satu ini akan melatih keseluruhan seluruh otot perut. Selain itu anda akan merasakan dampak latihan ini ke pinggul dan pinggang anda. Cara melakukannya ialah baringkan tubuh anda dengan tangan merentang disamping kepala. Keluarkan nafas lalu tegangkan otot perut anda hingga kaki anda terangkat, angkat tangan anda sehingga tubuh membentuk huruf v. Setelah itu kembali ke posisi semula dengan tangan dan kaki tetap lurus.
v ups
Gerakan v ups


14. Windshield wipers.
Gerakan windshield wipers ini akan melatih perut bagian bawah dan samping anda. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan membaringkan tubuh anda lalu angkat kaki ke atas. Pertahankan posisi kedua kaki tetap lurus ke atas. Setelah itu gerakan kedua kaki anda secara bersamaan agar condong ke kanan atau kekiri. Semakin miring dan semakin dekat posisi kaki anda terhadap lantai maka akan semakin berat untuk mengembalikannya ke posisi semula sehingga efek latihan yang didapatkan pun akan semakin baik.
Windshiled wipers melatih otot perut tanpa alat
Windshiled wipers

15. Back up
Selain melakukan olahraga untuk mengecilkan perut dan membentuk ototonya, meningkatkan keseimbangan keseluruhan perut juga hal yang penting. Melatih keseimbangan tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan crunch terbalik sehingga terjadi peregangan  pada punggung. Cara melakukan Back up adalah dengan berbaring tengkurap lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala sehingga siku menghadap sisi kanan dan kiri. Setelah itu, tegangkan otot punggung anda agar tubuh bagian atas terangkat. Kembali ke posisi semula dengan perlahan

Itulah 15 gerakan olahraga mengecilkan perut buncit. Target untuk mengecilkan perut yang buncit akan tercapai Jika kita melakukan gerakan-gerakan olahraga tersebut secara benar dan rutin. Jangan lupa untuk melakukan diet pola makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kunci untuk mendapatkan bentuk fisik yang kita idamkan adalah kedisiplinan dan kesabaran.

LET'S GET FIT 
Related Posts

Related Posts

1 komentar