BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Dapatkan Lengan Berotot Dengan 26 Home Excercise ini

Cara membentuk otot lengan - Otot lengan memiliki peran penting untuk menunjang penampilan baik itu pria maupun wanita. Bagi pria, otot lengan yang besar akan lebih menarik untuk dilihat oleh wanita daripada yang otot lengannya kecil dan lembek. Sedangkan bagi wanita otot lengan yang kencang pasti akan membuat penampilan menjadi lebih indah. Selain menunjang penampilan otot lengan yang kuat dan terlatih akan meningkatkan performa kita dalam melakukan berbagai kegiatan.

Untuk orang yang baru saja memulai membentuk tubuh biasanya yang dilakukannya pertama kali ialah latihan otot lengan. Lengan adalah bagian yang paling mudah dibentuk karena hanya sedikit lemak yang terkumpul di bagian tubuh yang satu ini. Selain itu, otot lengan juga merupakan bagian yang paling terlihat sehingga dengan memiliki otot lengan yang terlihat indah akan meningkatkan rasa percaya diri. Wanita juga perlu melakukan latihan otot lengan dan tak perlu merasa khawatir tangan menjadi besar dan berotot bila melakukan berbagai cara membesarkan otot lengan seperti yang dilakukan pria karena wanita tidak memiliki hormon untuk membesarkan otot seperti pria sehingga otot lengan yang besar tersebut tidak akan muncul pada wanita jika tidak ditambahkan suntikan hormon dan suplemen khusus.
Otot lengan
Otot lengan yang terlatih

Banyak orang mengira bahwa cara membentuk otot lengan yang dapat dilakukan hanyalah dengan melakukannya di gym menggunakan alat-alat fitnes seperti para binaraga profesional. Padahal banyak cara membesarkan otot lengan yang dapat dilakukan tanpa perlu pergi ke gym.

Berikut ini GET FIT ID akan menjelaskan tentang 20 cara melatih dan memperbesar otot lengan tanpa perlu pergi ke gym.


Cara membentuk otot lengan dengan bodyweight training:

Cara ini adalah cara yang paling praktis dan efisien. Tak perlu pergi ke gym, tak perlu menggunakan alat, bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan tubuh anda, praktis bukan? Selain itu, cara melatih otot lengan dengan bodyweight training juga memiliki variasi yang tidak terbatas sehingga membuat anda tidak mudah bosan dengan latihan yang monoton. Yang menjadi kelemahannya adalah ini bukan cara memperbesar otot lengan secara maksimal karena ukuran otot lengan akan selalu menyesuaikan dengan tubuh anda.

1. Push up
Push up umum nya dilakukan untuk melatih otot dada namun sebenarnya juga melatih otot tangan kita. Push up sangat efektif untuk melatih otot lengan karena lengan kita akan menahan berat tubuh sehingga membuatnya lebih kuat. 
cara membentuk otot lengan dengan push up
Push up

2. Pull up
Sama halnya dengan push up, selain fungsi utamanya untuk melatih otot punggung pull up juga membuat lengan kita menjadi terlatih. Otot lengan yang terlatih dengan melakukan pull up ialah dari otot pergelangan tangan kita hingga bahu. Yang spesial dari latihan pull up adalah kekuatan cengkraman kita yang akan meningkat secara drastis.
cara membesarkan otot lengan dengan pull up
Pull up

3. Chin up
Chin up adalah kebalikan dari pull up. Jika telapak tangan ketika pull up menghadap ke luar maka di chin up telapak tangan menghadap ke dalam. Latihan chin up ini sangat baik untuk melatih otot bicep.
cara membesarkan otot lengan dengan chin up
Chin up

4. Punch
Cara membentuk otot lengan yang selanjutnya adalah punch atau meninju. Jika anda pernah melihat petinju yang sedang berlatih pasti anda akan melihat mereka melakukan shadow boxing atau meninju tanpa sasaran didepannya seperti latihan ini untuk melatih koordinasi dan kekuatan tangan.
cara melatih otot lengan dengan punch
Punch

5. Elbow srike.
Elbow strike atau menyikut adalah gerakan yang sangat baik untuk melatih otot bahu. Dengan gerakan ini, otot bahu akan bergerak secara explosive. Anda dapat melihat hasil dari latihan otot bahu ini pada atlet muay thay yang banyak menggunakan elbow strike untuk bertarung. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara melakukan elbow strike kesamping, kebelakang, maupun ke atas.
cara melatih otot lengan dengan elbow strike
Macam-macam gerakan elbow strike

6. Dips
Dips adalah latihan yang sangat baik untuk mengembangkan otot lengan tricep. Laihan ini dapat dilakukan dengan dips bar, kursi, maupun tanpa alat.
cara membentuk otot lengan dengan dips
Dips

7. Plank
Plank adalah latihan dengan gerakan statis. Anda hanya harus menahan posisi plank selama mungkin. Latihan ini dapat melatih seluruh otot tubuh dari lengan sampai paha anda.
cara melatih otot lengan dengan plank
Plank
BACA JUGA: Hilangkan Perut Buncit dengan Calisthenic training

8. Hand stand
Hand stand adalah gerakan berdiri menggunakan tangan. Dengan gerakan ini tangan atau lengan akan menahan seluruh beban tubuh sehingga melatih keseluruhan otot lengan. Anda dapat melakukan gerakan ini secara statis maupun gerakan berjalan dengan lengan.
cara melatih otot lengan dengan hand stand
Hand stand

9. Arm circle
Arm circle adalah latihan yang mampu untuk melatih otot bahu anda sekaligus meningkatkan tingkat fleksibilitasnya. Latihan ini relatif mudah, namun jika anda melakukan gerakan ini dalam waktu yang lama anda akan merasakan efeknya.
Latihan otot lengan dengan hand circle
Arm circle

10 Push up plank
Push up plank adalah gerakan yang merubah posisi plank ke posisi awal push up. Walaupun terlihat mudah sebenarnya gerakan ini relatif lebih sulit dibandingkan dengan Push up pada umumnya.
Latihan otot lengan dengan push up plank
Push up plank

Cara memperbesar otot lengan dengan dumble:

Dumble merupakan alat yang paling standar untuk melatih dan membentuk otot lengan. Alat ini banyak digunakan karena praktis dan dapat diletakkan dimana saja. Selain itu harga dumble relatif lebih murah bila dibandingkan dengan peralatan fitnes yang ada di gym. Dengan menggunakan dumble maka kita dapat memperbesar dan membentuk otot lengan secara maksimal meski hanya dilakukan dirumah.

1. Bicep curl
Bicep curl berfungsi sesuai namanya yaitu melatih otot bicep. Gerakan ini adalah gerakan mengangkat dumble yang paling dasar dan paling umum dilakukan. Caranya hanya dengan membawa dumble dengan telapak tangan menghadap ke depan setelah itu bengkokkan siku hingga dumble terangkat keatas lalu tutunkan lagi, lakukan perlahan untuk hasil yang maksimal. Latihan ini dapat dilakukan dengan 2 tangan sekaligus maupun satu per satu.
Latihan otot lengan dengan Bicep curl
Gerakan bicep curl

2. Hammer curl
Hammer curl berfungsi seperti bicep curl yaitu melatih otot bicep. Cara melakukannya pun hampir sama hanya saja posisi telapak tangan meghadap ke tubuh kita.
Latihan otot lengan dengan hammer curl
Hammer curl

3. Tricept Extension
Cara memperbesar otot lengan yang dengan dumble yang ke 3 adalah tricep extension. Tricep extension adalah latihan yang berfungsi untuk melatih otot tricep yang merupakan dua per tiga bagian dari lengan kita. Dengan melakukan latihan tricep ini maka lengan akan terlihat lebih besar.
cara memperbesar otot lengan dengan tricep extension
Tricep extension

4. Tricept Kick back
Tricep kick back juga sama seperti tricep extension yang berfungsi untuk melatih otot tricep namun latihan ini lebih sulit karena anda harus mencondongkan tubuh kedepan dan pantat ke belakang dengan posisi punggung yang tegak lurus.
cara memperbesar otot lengan dengan tricep kickback
Tricep Kickback

5. Soulder press
Latihan ini umumnya digunakan untuk melatih otot bahu namun sebenarnya juga melatih seluruh otot lengan karena ketika kita mengangkat dumble sampai atas kepala kita, seluruh otot lengan kita juga ikut bekerja. Latihan ini merupkan salah satu latihan wajib untuk membentuk otot lengan yang bagus.
cara memperbesar otot lengan dengan shoulder press
Shoulder press

6. Lateral raise
Lateral raise adalah latihan untuk melatih otot bahu. Untuk dapat melakukan gerakan lateral raise ini dengan benar kita membutuhkan tangan yang stabil sehingga latihan ini juga akan meningkatkan kestabilan otot lengan kita.
cara membesarkan otot lengan dengan lateral raise
Lateral raise

7. Upright row
Upright row merupakan latihan yang membentuk otot bahu dan bicep. Latihan ini cukup mudah dilakukan. Cara melakukanya hanya dengan membawa 2 dumble dengan posisi telapak menghadap ke dalam, setelah itu angkat lengan bagian atas sehingga siku sejajar dengan bahu.
cara melatih otot lengan dengan upright row
upright row
BACA JUGA: Cara membesarkan otot sayap

8. Shoulder shrug
Sesuai namanya, shoulder shrug adalahcara melatih otot lengan bagian bahu. Latihan ini sangat simpel. Anda hanya harus membawa dumbel di kedua tangan lalu naik turun kan bahu, lakukan perlahan agar mendapatkan hasil maksimal.
cara membentuk otot lengan dengan shoulder shrug
Shoulder shrug

9. Crouched rear deltoid row
Latihan Crouched rear deltoid row adalah gerakan untuk melatih otot bahu. Condongkan pantat anda kebelakang dengan posisi punggung yang lurus agar gerakan anda sempurna ketika melakukan latihan ini.
Latihan otot lengan dengan Crouched
Deltoid row

10. Front raise
Latihan ini melatih otot bahu. Latihan ini dapat dilakukan dengan mengangkat tangan satu persatu maupun dengan mengangkat kedua tangan sekaligus. Pastikan kedua tangan selalu dalam posisi lurus. 
cara memperbesar otot lengan dengan front raise
Front raise

11. Palm up wrist curl
Memiliki lengan atas yang besar namun lengan bawah yang kecil akan membuat penampilan terlihat buruk. Palm up wrist curl digunakan untuk melatih lengan bawah. Cukup memegang barbel dengan telapak tangan menghadap ke atas lalu gerakkan pergelangan tangan keatas dan kebawah.
latihan otot lengan dengan up wrist curl
Palm up wrist curl

12. Palm down wrist curl
Cara memperbesar otot lengan bawah yang kedua adalah dengan palm down wrist curl. Caranya sama namun telapak tangan menghadap ke bawah.
cara membesarkan otot lengan dengan down wrist curl
Palm down wrist curl

Cara melatih otot lengan dengan senjata:

Pasti anda bingung maksud dari cara melatih otot lengan menggunakan senjata? Tentu saja, senjata disini bukan senjata yang digunakan untuk membunuh tapi senjata yang digunakan untuk mendukung latihan otot lengan anda. Latihan dengan menggunakan senjata akan meningkatkan kestabilan dan koordinasi. Selain itu berat dari senjata yang digunakan juga akan meningkatkan kekuatan otot lengan.

1. Latihan menggunakan katana/ pedang kayu
Pedang kayu umum digunakan untuk latihan samurai atau olahraga kendo. Dengan menggunakan pedang kayu dalam latihan banyak sekali variasi gerakan yang dapat dilakukan melatih koordinasi dan kekuatan lengan.
cara membentuk otot lengan dengan katana
Katana training

2. Latihan Menggunakan tongkat kayu
Tongkat kayu dapat digunakan untuk berbagai gerakan latihan, panjang tongkat kayu membuat berat tongkat seperti bertambah ketika kita memegangnya. Berat diujung tongkat inilah yang membuat latihan otot lengan dengan tongkat kayu menjadi lebih efektif.
cara membesarkan otot lengan dengan Tongkat

3. Latihan menggunakan sarung tangan tinju
Sarung tangan tinju memiliki berat yang berbeda-beda dengan menggunakan alat ini untuk latihan memukul maka kekuatan lengan kita akan bertambah.  

4. Latihan menggunakan nunchaku
Mungkin banyak yang belum tau apa itu nunchaku, namun bila pernah menonton film Bruce Lee pasti anda pernah melihat alat ini. Latihan menggunakan alat ini dapat meningkatkan kemampuan koordinasi tangan, kecepatan dan mengencangkan otot dari bahu sampai pergelangan tangan.
cara membentuk otot lengan dengan nuncaku

Itulah 20 cara melatih dan membentuk otot lengan tanpa alat yang bisa anda praktikan dirumah dan tanpa harus repot-repot pergi ke gym. Jika anda melakukan latihan otot lengan secara teratur pasti kemampuan fisik anda untuk melakukan latihan otot tubuh lainnya pun akan jadi lebih mudah karena didukung oleh otot lengan yang kuat. Selamat mencoba cara membesarkan otot lengan dan rasakan hasilnya.
Related Posts

Related Posts

3 komentar

  1. mantapp, artikelnya lengkap, min. boleh dicoba tu,,,

    BalasHapus
  2. mantap itu, main main http://energifit.blogspot.com/2018/08/latihan-untuk-membentuk-otot-lengan-di.html

    BalasHapus