BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Bentuk Otot Perutmu Dirumah Dengan 15 Gerakan Ini

Cara Membentuk otot perut tanpa alat - Semua orang baik laki-laki maupun perempuan pasti ingin memiliki perut yang atlestis dan indah. Untuk mendapatkan bentuk perut yang atletis dan ideal haruslah melakukan program khusus untuk melatihnya. Namun otot perut merupakan bagian yang paling sulit dilatih dibandingkan otot dada, lengan ataupun bahu karena perut merupakan tempat timbunan lemak. Banyak orang yang terjebak dalam latihan otot perut yang monoton dan tidak memperdulikan timbunan lemaknya sehingga latihannya pun menjadi sia-sia. Untuk itu kita perlu melakukan dua hal sekaligus agar hasil latihan kita untuk mendapatkan perut ideal dapat terlihat, yaitu Latihan yang teratur dan Diet pola makan.
Untuk mendapatkan perut yang indah dan atletis tentu diperlukan latihan. Namun banyak orang yang akhirnya tidak peduli untuk membentuk otot perutnya karena merasa waktu dan tempat yang tidak memungkinkan. Banyak orang mengira untuk mendapatkan perut yang indah haruslah pergi ke gym dan menggunakan alat-alatnya secara rutin. Anggapan tersebut adalah salah, Ada banyak cara membentuk otot perut tanpa alat dan yang dapat dilakukan dirumah tanpa perlu pergi ke gym.
melatih otot perut tanpa alat
Otot perut pria dan wanita yang terlatih

Karena itu GET FIT ID akan menjelaskan 15 latihan otot perut tanpa alat yang dapat dilakukan tanpa harus pergi ke gym.

Cara Melatih Otot Perut Tanpa Alat:

1. Crunch
Crunch adalah gerakan dasar dalam membentuk otot perut. Cara melakukanya adalah baringkan tubuh dengan kaki yang ditekuk dan lutut mengarah ke atas. Letakan tangan dibelakang kepala hingga siku mengarah ke sisi kanan dan kiri. Keluarkan nafas dan tegangkan otot perut sambil mengangkat kepala dan bahu keatas. Lakukan gerakan ini tanpa membengkokkan leher. Ambil nafas lalu turunkan perlahan bahu dan kepala anda hingga posisi semula.

2. Plank
Plank adalah latihan keseimbangan dengan kekuatan tubuh bagian tengah. Plank melatih otot lengan, bahu, perut, dan paha. Plank sangat efektif untuk pembentukan otot perut agar datar dan kencang. Cara melakukannya adalah tempel kan siku anda di lantai, lalu rentang kan tubuh anda dan gunakan ujung kaki anda sebagai tumpuan, tahan posisi ini selama mungkin.

3. Spiderman Push up
Latihan ini melatih dada dan otot perut samping. Caranya dengan memulai dari posisi push up biasa lalu ketika melakukan push tekuk salah satu kaki kesamping sehingga lutut sejajar dengan pantat. Lakukan latihan ini dengan mengganti kaki yang ditekuk secara bergantian.

4. Mountain Climber
Latihan ini melatih otot perut dan otot dada. gerakan mountain climber ini dimulai dengan posisi awal push up lalu bengkokkan salah satu lutut hingga mendekati dada. Gerakan ini akan memberikan tekanan pada otot perut bagian tengah. Lakukan gerakan ini dengan lutut satunya dan lakukan secara berulang-ulang.

5. Bicycle crunch
Latihan yang satu ini sangat disukai banyak orang karena melatih keseimbangan dan koordinasi bersamaan dengan otot perut bagian atas dan bawah. Selain itu latihan ini akan terasa di pinggang dan panggul. Cara melakukannya ialah  berbaring lalu letakan tangan dibawah kepala. Setelah itu, angkat kaki hingga tidak menempel di lantai. Bengkokkan kaki kiri dan sentuhkan siku kanan ke lutut kiri (Kaki dan tangan bersilangan). Lakukan juga gerakan ini menggunakan kaki kanan dan siku kiri.
gerakan bicycle crunch
Gerakan bicycle crunch
6. Leg raise
Melakukan cara membentuk otot perut tanpa alat dengan Leg raise akan membuat otot perut bawah anda terlatih. Cara melakukan leg raise adalah dengan merebahkan tubuh anda lalu angkat kedua kaki ke atas dengan posisi tegak lurus. Lakukan dengan perlahan dan pastikan kaki anda tetap lurus ketika mengangkat kaki hingga sampai posisi tegak lurus. Turunkan perlahan dengan kaki tetap lurus hingga kembali ke posisi semula.

7. Side crunch
Latihan ini melatih otot perut bagian samping. Cara melakukan side crunch adalah mulai dengan posisi crunch seperti biasa lalu jatuhkan kedua kaki ke arah kanan/ kiri. Naikan kepala dan bahu seperti melakukan crunch biasa namun dengan posisi kaki tetap disamping.

8. Reverse crunch
Latihan ini melatih otot perut bagian bawah. Cara melakukan Reverse Crunch adalah dengan berbaring seperti pada posisi crunch biasa namun posisikan lengan di samping tubuh anda. Keluarkan nafas sambil tegangkan otot perut bagian bawah dan angkatlah pantat dan punggung bagian bawah anda sampai paha anda menyentuh dada. Selanjutnya, ambil nafas bersamaan dengan mengembalikan tubuh ke posisi semula.

9. Bottom up
Jika anda merasa tidak cukup melatih otot perut bagian bawah, cobalah gerakan yang satu ini. Cara melakukan Bottom up adalah dimulai dari berbaring di lantai lalu naikkan kedua kaki anda lurus keatas. Setelah itu gunakan otot perut bawah anda untuk mengangkat pantat dan punggung bagian bawah anda sehingga kaki naik lebih tinggi keatas. Pastikan kedua tangan anda tetap berada disamping tubuh anda dan menempel dilantai. Cobalah untuk tidak terlalu cepat namun fokus pada penegangan pada otot perut bawah.

10. Cross crunch
Gerakan ini mirip dengan paduan antara bicycle crunch dan standar crunch. Cara melakukannya ialah baringkan tubuh dengan kaki lurus dan tangan disamping tubuh, Bengkokkan kaki kanan dan bengkokkan tangan kiri hingga siku kiri bertemu dengan lutut kanan lalu kembali ke posisi sebelum memulai gerakan bersilang ini dengan kaki kiri dan tangan kanan, lakukan bergantian.
Cross crunch melatih otot perut tanpa alat
Gerakan cross crunch

11. Scissor kick crunch
Latihan ini melatih seluruh otot perut. Cara melakukan scissor kick crunch adalah baringkan tubuh dengan tangan disamping tubuh menempel dilantai. Naikan kedua kaki hingga membentuk sudut 30 derajat dengan lantai. Angkat salah satu kaki lebih tinggi dan silangkan, lakukan secra bergantian selama mungkin.

12. Heel touches
Gerakan heel touch ini melatih otot perut bagian samping. Caranya ialah rebahkan tubuh lalu tekuk lutut seperti posisi ketika akan melakukan crunch. Posisikan tangan di sisi kiri dan kanan tubuh. Setelah itu, bengkokkan tubuh ke arah samping kiri hingga tangan kiri dapat menyentuh tumit kaki kiri. Setelah itu kembali ke posisi semula dan lakukan kembali dengan sisi tubuh kanan, lakukan secara bergantian.

13. Side plank
Side plank adalah gerakan statis seperti plank secara umum. Walaupun latihan ini sangat sederhana namun latihan ini mampu melatih otot perut bagian samping dan otot inti secara efektif. Cara melakukannya ialah dengan rebahkan tubuh anda secara menyamping lalu letakkan siku anda dilantai dan tekan sehingga tubuh anda terangkat. Tahan posisi ini selama mungkin.

14. V ups
Cara membentuk otot perut tanpa alat yang satu ini akan melatih keseluruhan seluruh otot perut. Selain itu anda akan merasakan dampak latihan ini ke pinggul dan pinggang anda. Cara melakukannya ialah baringkan tubuh anda dengan tangan merentang disamping kepala. Keluarkan nafas lalu tegangkan otot perut anda hingga kaki anda terangkat, angkat tangan anda sehingga tubuh membentuk huruf v. Setelah itu kembali ke posisi semula dengan tangan dan kaki tetap lurus.

15. Windshield Wipers
Cara membentuk otot perut tanpa alat dengan menggunakan gerakan windshield wipers ini akan melatih perut bagian bawah dan samping anda. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan membaringkan tubuh anda lalu angkat kaki ke atas. Pertahankan posisi kedua kaki tetap lurus ke atas. Setelah itu gerakan kedua kaki anda secara bersamaan agar condong ke kanan atau kekiri. Semakin miring dan semakin dekat posisi kaki anda terhadap lantai maka akan semakin berat untuk mengembalikannya ke posisi semula sehingga efek latihan yang didapatkan pun akan semakin baik.

Untuk hasil maksimal, lakukan latihan-latihan tersebut dengan repetisi semaksimal mungkin serta lakukan dengan benar. Tidak perlu melakukan semua gerakan tersebut dalam 1 hari namun lakukan 2-3 gerakan perhari dengan mengkombinasikan antara 15 gerakan tersebut secara bergantian agar menghindari kebosanan dalam latihan. Perlu diperhatikan bahwa dengan melakukan cara membentuk otot perut tanpa alat ini tidak serta merta akan menghasilkan perut yang ideal jika tidak diimbangi dengan diet pola makan yang benar.

LET'S GET FIT!!
Related Posts

Related Posts

5 komentar