8 Penyebab dan Cara Melangsingkan Perut Buncit

Penyebab dan Cara Melangsingkan Perut Buncit - Perut buncit adalah masalah fisik yang diderita banyak orang dewasa. Memiliki perut buncit pasti akan menurunkan percaya diri seseorang karena bentuk tubuh menjadi tidak enak dipandang. Selain itu banyak yang tidak sadar bahwa perut buncit bisa menjadi pertanda berbagai macam penyakit. Untuk mencegah resiko yang diakibatkan masalah fisik yang satu ini, kita harus mengetahui penyebab dan cara melangsingkan perut buncit.

Penyebab Perut Buncit:

1. Terlalu banyak makan
Penyebab perut buncit yang utama adalah terlalu banyak makan. Makan merupakan cara mendapatkan energi untuk melakukan berbagai aktifitas kita sehari-hari. Makanan yang kita makan akan dirubah menjadi kalori sebagai sumber energi kita. namun jika kalori yang kita dapatkan lebih besar daripada jumlah energi yang kita butuhkan, maka hal ini akan mengakibatkan sisa kalori tersebut tersimpan sebagai cadangan dan inilah yang menjadi salah satu penyebab perut buncit.
Penyebab dan Cara Mengecilkan Perut Buncit
Perut buncit

2. Kurang olah raga
Penyebab perut buncit lainnya yang paling berpengaruh adalah kurang olah raga. Olah raga sangat penting bagi tubuh kita terutama untuk membuang kelebihan kalori yang kita timbun di tubuh kita. Selain itu olah raga mebuat postur tubuh kita lebih proporsional sehingga perut buncit akan susah terlihat. Jika kita jarang berolah raga maka perut buncit akan mucul dan bentuk tubuh pun menjadi tidak menarik.

3. Kebiasaan ngemil
Ngemil memang kegiatan yang menyenangkan untuk memuaskan lidah kita. Namun tanpa disadari kegiatan ngemil dapat menjadi kegiatan yang tidak sehat terutama karena pada umumnya saat ngemil kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta tinggi kalori, selain itu karena terlalu asyik kita menjadi sering berlebihan dalam mengkonsumsi makanan ketika ngemil. Kebiasaan ini yang akhirnya menjadi penyebab terjadinya penimbunan kalori.

4. Terlalu banyak pemanis buatan
Mengkonsumsi terlalu banyak pemanis buatan sangat berbahaya bagi tubuh. Selain dapat menimbulkan penyakit diabetes, mengkonsumsi gula secara berlebih dapat menimbulkan obesitas, kalori yang terkandung dalam pemanis buatan sangat besar, sehingga kelebihan gula yang masuk ke tubuh kita tidak dapat dicerna secara sempurna.

5. Alkohol
Selain minuman yang memabukkan dan dilarang dalam agama Islam, Minuman berlakohol juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Minuman beralkohol mengandung gula dan kalori dalam jumlah besar sehingga kelebihan penggunaan gula dan kalori tersebut akan menyebabkan lemak menumpuk pada perut dan menjadi penyebab perut buncit. 
 
6. Terlalu banyak makanan berlemak
Lemak merupakan sumber kalori yang sangat besar, mengkonsumsi makanan berlemak seperti junk food akan membuat tubuh kita mendapatkan kalori berlebih dan tidak dapat digunakan seluruhnya oleh tubuh kita sehingga kelebihan kalori tersebut akan tersimpan dalam tubuh sebagai cadangan energi dan mengakibatkan perut membesar.

7. Kebiasaan tidur setelah makan
Tidur digunakan sebagai istirahat tubuh dari aktivitas-aktivitas sehari-hari. Pada waktu tidur, tubuh seharusnya tidak melakukan fungsinya sebagaimana ketika kita terbangun sehingga penggunaan energi ketika tidur pun sangat minim. Makan sebelum tidur mengakibatkan makanan yang kita makan tidak tercerna dan terbakar secara sempurna ketika kita tidur. Kebiasaan buruk seperti inilah yang membuat tubuh menimbun kalori dan lemak.


8. Duduk terlalu lama.
Kegiatan bekerja dikantor umumnya mengharuskan kita duduk lama, tanpa disadari hal ini akan menjadi masalah pada tubuh kita jika terjadi pada jangka panjang. Penumpukan lemak akan terjadi di perut ketika kita duduk sehingga akan mengakibatkan perut menjadi buncit.

Akibat perut buncit

1. Penampilan yang tidak menarik
Akibat perut buncit yang terlihat adalah penampilan yang jadi tidak menarik karena tubuh menjadi proporsional. Hal ini bisa menyebabkan rasa percaya diri seseorang berkurang.

2. Penyakit jantung
Perut buncit adalah salah satu indikator obesitas. Obesitas membuat kita memiliki resiko tinggi tersumbatnya pembuluh darah di jantung yang mengakibatkan gagal jantung atau serangan jantung. Jika akibat perut buncit yang satu ini  dibiarkan maka kematian mendadak mungkin saja terjadi.

3. Stroke
Perut yang buncit berarti ada endapan lemak jahat yang berlebihan didalamnya, Hal ini merupakan faktor utama munculnya penyakit. Jika lemak jahat tersebut mengendap sekitar pembuluh darah dan menekan pembuluh darah, maka akan timbul penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan darah membeku. Darah beku didalam pembuluh darah ini lah yang nantinya akan mengakibatkan penyakit stroke.

4. Diabetes
Akibat perut buncit yang membuat berat badan naik hingga 5-10 kilogram dan melebihi berat badan ideal akan mengakibatkan kemungkinan seseorang menderita diabetes naik 2 kali lipat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 80% penderita diabetes juga menderita perut buncit.

Cara Melangsingkan Perut Buncit

1. Hindari makanan berlemak dan berminyak
Cara Melangsingkan Perut Buncit yang pertama adalah dengan mengurangi makanan berlemak dan berminyak. Perut yang buncit terjadi karena ada penumpukan lemak pada perut. Sehingga mengurangi jumlah konsumsi lemak dan minyak akan mengurangi penumpukan pada perut.

2. Banyak konsumsi air putih
Kurangnya konsumsi air putih akan menimbulkan potensi dehidrasi dan berkurangnya kemampuan tubuh untuk membuang zat-zat yang tidak berguna dari dalam tubuh. Air putih berfungsi sebagai pelarut dalam tubuh kita yang membawa zat-zat yang tidak berguna dan racun keluar dari tubuh. semakin banyak mengkonsumsi air putih maka akan semakin banyak cairan yang membawa racun dan zat-zat tidak berguna lainnya keluar dari dalam tubuh. Dengan berkurangnya zat-zat tersebut dari dalam tubuh, maka perut pun akan semakin langsing.

3.Konsumsi buah dan sayur
Cara mengatasi dan melangsingkan perut buncit selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur pada umumnya sangat baik untuk kesehatan. Selain itu buah dan sayur mengandung banyak sekali serat. Serat tersebut berfungsi untuk membantu pencernaan makanan agar lebih sempurna. Fungsi serat yang lainnya adalah memperlancar buang air besar. Dengan mendapatkan kedua manfaat tersebut maka perut buncit pun dapat diatasi. Maka dari itu anda harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

4. Kurangi konsumsi gula.
Gula adalah sumber kalori yang sangat besar, karena itu mengkonsumsi nya dalam jumlah besar hanya akan menjadi timbunan dalam tubuh yang mengakibatkan perut menjadi buncit. Selain itu terlalu banyak gula akan meningkatkan resiko diabetes. Mulai lah mengganti sumber gula anda dengan yang lebih alami seperti buah-buahan.

5. Hilangkan kebiasaan buruk,
Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengakibatkan perut buncit antara lain duduk terlalu lama, makan-makanan junk food, tidur setelah makan, banyak minum minuman instan dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang harus dihindari untuk mengatasi dan melangsingkan perut buncit.

6. Perbanyak olah raga.
Cara yang paling ampuh untuk mengatasi dan melangsingkan perut buncit adalah dengan berolahraga, Olah raga berfungsi membakar lemak sehingga sangat efektif mengurangi lemak yang tertimbun dalam perut. Selain itu olah raga dapat membuat bentuk tubuh menjadi lebih proporsional sehingga dari segi tampilan, perut buncit akan tersamar olah dada yang lebih bidang.

Dengan mengetahui Penyebab dan cara melangsingkan perut buncit semoga anda yang memiliki masalah ini dapat mengatasinya. Dan bagi yang tak memiliki masalah ini maka anda mencegah agar tidak memiliki perut buncit.
Loading...

1 Response to "8 Penyebab dan Cara Melangsingkan Perut Buncit"