BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

10 Alasan Untuk Memulai Bodyweight Training

10 Alasan Untuk Memulai Bodyweight Training - Memiliki tubuh yang bugar tidak selalu harus dilakukan dengan cara yang rumit. Bodyweight training sederhana dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan dan kesehatan secara keseluruhan bagi anda yang tidak menyukai pola latihan yang rumit. Yang terpenting adalah bodyweight training tidak membutuhkan biaya apapun dan pada umumnya dapat dilakukan dimana saja. Apakah anda masih ragu untuk memulainya? GET FIT ID akan menjelaskan 10 alasan mengapa anda harus memulai bodyweight training

10 Keuntungan melakukan bodyweight training:

1. Sangat efisien
Bodyweight training sangat efisien karena latihan ini meningkatkan kebugaran secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat. Latihan ini tidak memerlukan alat, sehingga mudah untuk berubah dari suatu gerakan ke lainya hanya dengan sedikit waktu istirahat. Selain itu anda mungkin telah mendengar mengenai HIIT workouts, yaitu latihan dalah jangka waktu pendek tapi menghasilkan hasil yang signifikan.
Bodyweight training
Bodyweight training
2. Menggabungkan latihan kardio dan kekuatan
Perubahan antar gerakan yang mudah membuat latihan kardio dan kekuatan dapat dilakukan secara bersamaan. Melakukan latihan kardio diantara gerakan untuk melatih kekuatan akan membuat jantung tetap terpompa ketika melakukan pembentukan otot dan kekuatan sehingga manfaat kedua latihan tersebut bisa didapatkan secara bersamaan. 
3. Membakar lemak secara cepat
Dengan bodyweight training yang dilakukan secara intense selama beberapa menit akan berpengaruh besar pada kerja metabolisme tubuh. Hal ini akan menimbulkan afterburn effect, yaitu pembakaran yang terjadi didalam tubuh selama beberapa jam setelah latihan sehingga hasil yang didapatkan oleh latihan ini yang dilakukan dalam waktu singkat akan lebih terasa dibanding latihan jenis lain yang dilakukan dalam rentang waktu yang sama.
4. Latihan yang menantang
Jika latihan terasa terlalu mudah anda tinggal menambahkan teperisi, lakukan lebih cepat atau lebih lambat, kurangi waktu istirahat, atau menambah kekuatan pada gerakan. Hal-hal tersebut dapat dilakukan untuk membuat latihan yang sederhana ini menjadi lebih menantang. Setiap penambahan tantangan pada latihan kita tentu saja akan dapat meningkatkan hasil yang kita dapatkan.
5. Melatih kekuatan otot inti
Otot inti lebih dari sekedar otot perut. Ada 29 otot yang menyusunnya dan banyak dari gerakan bodyweight training sederhana dapat melatih kesemuanya. Latihan-latihan tersebut tidak hanya membuat anda memiliki otot perut yang ideal, tetapi juga memperbaiki postur tubuh, menghilangkan ketegangan pada otot punggung, dan meningkatkan performa secara umum.
6. Meningkatkan kelenturan tubuh
Tidak semua orang yang berlatih fisik akan memiliki otot yang kencang dan sendi yang lentur. Bodyweight training dapat melatih keduanya sekaligus. Melakukan latihan dengan tubuh kita dengan gerakan yang benar akan memastikan bahwa sendi kita bergerak secara bebas. Selain itu, hal ini juga meningkatkan pembentukan postur tubuh dan mengurangi cidera akibat latihan. Yoga adalah contoh dari latihan yang meningkatkan kelenturan dan kekuatan secara signifikan.
7. Menghilangkan alasan untuk tidak berolah raga
Banyak yang menjadikan tidak ada waktu dan latihan yang sulit sebagai alasan untuk tidak berolah-raga. Bodyweight training menghilangkan semua halangan dan alasan tersebut, anda hanya perlu tempat yang kecil, waktu dapat disesuaikan kapanpun yang anda inginkan. Selain itu latihan tanpa alat dapat berguna juga sebagai penghilang stress ketika di rumah, di perjalanan maupun di tempat kerja
8. Meningkatkan keseimbangan
Ketika kita membahas mengenai jenis latihan, maka latihan menggunakan tubuh kita adalah jenis latihan akan meningkatkan keseimbangan tubuh. Sebagai contoh kita bisa merubah latihan squat menjadi squat dengan satu kaki. Keseimbangan yang kita dapatkan dari latihan ini dapat meningkatkan kontrol terhadap tubuh kita.
9. Tidak akan membuat bosan.
Ketika kita menggunakan alat, kita akan mudah terpaku pada pola latihan yang hanya itu-itu saja seperti lari di treadmills, bicep curls,  bench presses dan lain sebagainya. Latihan tanpa alat dapat menjadi sangat menyenangkan dan tidak membosankan karena ada macam dan kombinasi gerakan yang tidak terhitung jumlahnya. Karena itu latihan ini dapat melakukan latihan secara rutin tanpa merasa bosan.
10. Gratis tanpa biaya.
Banyak yang keberatan untuk membayar Biaya member gym, biaya trainer, atau biaya kelas latihan. Bodyweight training menjadi solusi yang paling tepat karena bebas biaya, Karenanya latihan tanpa biaya ini menjadi sangat populer.
Jadi tunggu apa lagi? Sudah saatnya menghilangkan alasan-alasan untuk tidak melakukan olahraga dengan Bodyweight Training.
LET'S GET FIT!!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar