Mengenal Lebih Dekat Seputar Dunia Fitness

Fitness sebagai trend hidup sehat yang tidak merugikan selama dilakukan secara teratur. Fitnes identik dengan olahraga untuk membentuk masa otot baik untuk pria maupun wanita. Bahkan fitness pun dikenal sebagai trend olahraga mahal untuk kalangan atas. Sebenarnya fitness lebih tepat disebut sebagai olahraga yang ideal untuk menjaga kesehatan. Sebab selain mengeluarkan energi, fitness juga dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Anda yang ingin memiliki perut yang six pack, Anda yang ingin memiliki berat badan ideal, Anda yang ingin memiliki masa otot yang kuat dan kekar, semuanya dapat terwujud dengan melakukan fitness.  Berbicara seputar fitness, maka banyak yang dapat dibahas. Mulai dari gizi apa yang harus terpenuhi untuk mendukung tujuan fitness Anda, olahraga apa saja yang biasa ada pada fitness, serta apa saja manfaat ketika melakukan fitness secara teratur. Untuk lebih mengenal seperti apa dunia fitness, maka dapat Anda simak berikut ini.

Menu Gizi Pendukung Fitness

Ketika seseorang hendak melakukan fitness, maka tujuannya dapat berbeda-beda. Apapun tujuan Anda, pastikan memenuhi gizi sebagai pendukung fitness yang Anda lakukan. Anda perlu mengatur pola makan dengan tepat. Saat sarapan sebelum Anda melakukan fitness, maka penuhilah asupan gizi protein. Protein sangat diperlukan ketika Anda hendak membakar kalori di dalam tubuh. Sehingga tujuan Anda seperti membentuk masa otot dapat terpenuhi.

Seputar dunia fitnes
Seputar dunia fitnes

1. Menu Sarapan
Anda dapat menyiapkan menu sarapan meliputi roti gandum dengan telur rebus dan untuk minumannya adalah segelas susu berkalsium. Kemudian Anda dapat memulai fitness setelah sarapan. Hendaknya Anda baru melakukan fitness sekitar satu jam setelah sarapan. Dan setelah selesai fitness, Anda perlu beristirahat sejenak.

2. Menu Camilan Pukul Sepuluh Pagi
Baru setelah dua jam setelah fitness, penuhi kembali asupan gizi Anda dengan konsumsi vitamin dan mineral dari buah pisang atau apel. Biasanya waktu yang dianjurkan untuk konsumsi buah-buahan tersebut setelah fitness adalah pada pukul sepuluh pagi.

3. Menu Makan Siang
Usahakan tidak membuat perut Anda kosong dalam waktu yang lama. Kemudian masuk waktu makan siang, penuhilah gizi pendukung selama Anda melakukan fitness. Menu makan siang yang dapat Anda konsumsi meliputi nasi merah serta sumber protein dan lemak yang diolah dengan cara pengukusan.

4. Menu Camilan Pukul Tiga Sore
Masuk sore hari, Anda tidak perlu menahan diri untuk tidak mengkonsumsi camilan. Selama Anda melakukan fitness, Anda tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi camilan. Namun sesuai dengan waktu yang dianjurkan. Konsumsilah camilan pada pukul tiga sore. Menu camilan yang baik untuk dikonsumsi dapat berupa bubur kacang hijau.

5. Menu Makan Malam
Untuk mendukung tujuan dari fitness yang Anda lakukan, maka pastikan makan malam sebelum pukul enam sore. Menu makan malam yang dianjurkan tetap mengandung lauk-pauk dengan sumber protein tinggi. Sebaiknya hindari mengkonsumsi lauk-pauk yang tinggi dengan sumber lemak.

Olahraga Dalam Dunia Fitness

Olahraga fitnes sebagai trend hidup sehat ada berbagai jenis. Mulai dari kardio, pembentukan otot, sampai untuk menurunkan berat badan.

1. Olahraga Kardio
Kardio merupakan jenis olahraga yang memerlukan intensitas sedang dan dilakukan dalam waktu lama. Olahraga kardio yang biasa dilakukan adalah senam, renang, lari serta sepeda. Olahraga kardio ini terbilang sebagai jenis olahraga yang santai dalam fitness. Sebab Anda tidak diharuskan untuk berpindah-pindah tempat. Cukup menggunakan treadmill, maka Anda dapat melakukan olahraga lari di tempat.


2. Olahraga Latihan Beban
Latihan beban merupakan jenis olahraga yang memerlukan energi lebih.  Bagi Anda yang melakukan fitness untuk membentuk masa otot, maka berlatihlah dengan latihan berat. Latihan beban dapat dilakukan dengan peralatan angkat beban atau alat berat. Jika Anda baru pertama kali hendak menggunakannya, maka diperlukan pendamping agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan fitness. Apalagi jika Anda menggunakan barbell atau drumbell. Karena untuk melakukan olahraga tersebut, Anda diharuskan memiliki kondisi fisik yang prima. Jika tujuan Anda adalah untuk membentuk masa otot pada bagian punggung, maka latihan beban dapat dilakukan tanpa menggunakan alat berat. Anda cukup melakukan bench row, pull up, deadlift, atau chin up.
Dan jika tujuan Anda adalah untuk membentuk masa otot pada bagian perut, maka latihan sit up atau crunch dapat dilakukan.


Manfaat Fitness Secara Teratur

Banyak manfaat yang diperoleh dengan Anda melakukan fitness secara teratur. Tidak hanya bermanfaat untuk fisik namun juga organ penting lain di dalam tubuh. Berikut ini adalah manfaat yang Anda peroleh dengan melakukan fitness secara teratur.


1. Menambah Jumlah Energi Pada Tubuh
Teraturnya Anda melakukan fitness membuat pasokan oksigen di dalam tubuh semakin teratur. Selama Anda melakukan fitness, maka organ jantung Anda pastilah akan semakin cepat berdetak. Di saat itu pula mempengaruhi pasokan oksigen semakin bertambah dari aliran darah menuju ke berbagai organ seperti otak, jantung, dan lainnya.

2. Mengurangi Stress
Tanpa disadari dengan Anda teratur melakukan fitness, maka dapat mengurangi stress. Sebab selama Anda fitness, otot-otot yang semula tegang dan kaku menjadi rileks. Dengan rileksnya otot-otot tubuh, maka dapat mengurangi tingkat stress dalam tubuh. Jika Anda termasuk orang yang muda stress di saat tertentu, maka dapat diatasi dengan melakukan fitness.

3. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak
Disebutkan sebelumnya organ otak memperoleh pasokan oksigen dengan Anda rajin melakukan fitness. Sehingga membawa manfaat untuk meningkatkan fungsi kerja pada organ otak. Sebab serotonin organ otak yang bertambah akan membuat Anda mampu berpikir secara jernih. Selain itu, mampu memberikan efek reaksi mental serta fisik yang lebih terkontrol.

4. Mencegah Ancaman Penyakit
Memiliki fisik yang terjaga, jelas daya tahan tubuh Anda kuat. Dengan fisik yang prima, maka dapat mencegah ancaman berbagai penyakit. Selama Anda teratur melakukan fitness, maka tubuh Anda pasti sehat. Tadinya di dalam tubuh Anda yang mungkin kelebihan kolesterol, dengan melakukan fitness, maka kolesterol pun dapat berkurang. Bahkan karena Anda teratur menggerakkan otot-otot tubuh, ancaman penyakit stroke dapat dicegah. Sebab otot-otot tubuh Anda tidak dibiarkan kaku dalam waktu lama.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Bagi Anda yang ingin menjaga organ jantung tetap sehat, maka teraturlah melakukan fitness. Dengan fitness, disebutkan pasokan oksigen bertambah. Sehingga membuat jalannya aliran darah dari dan menuju jantung selalu memiliki jumlah oksigen yang tercukupi. Dengan begitu, membuat kerja jantung selalu terjaga dan pastilah tidak mudah membuat tekanan jantung mudah naik.
Fitness adalah olahraga yang dapat dilakukan kapan saja. Namun hasilnya akan lebih terasa ketika Anda melakukannya secara teratur. Fitness termasuk olahraga yang terbilang santai karena dilakukan pada ruangan indoor. Meskipun begitu, fitness tetap perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh agar tujuan yang ingin Anda capai dapat maksimal. Itulah sekilas tentang dunia fitness sebagai trend hidup sehat.

Let's GET FIT!!!

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Seputar Dunia Fitness"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan tengah artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...