Ini Dia Jenis-jenis Diet Sehat Yang Membuat Berat Badan Ideal

Diet sehat tanpa menimbulkan risiko ada berbagai jenis. Diet merupakan program untuk menurunkan berat badan. Baik pria maupun wanita berusaha untuk menurunkan berat badan mencapai ideal. Dahulu, orang yang melakukan diet adalah orang yang memiliki berat badan lebih dari ideal  dan memiliki fisik cenderung obesitas. Saat ini, diet kerap menarik perhatian terutama wanita. Sebab memiliki tubuh yang ideal dan langsing menjadi pesona tersendiri bagi kaum hawa. Bahkan beberapa orang ada yang melakukan diet lebih dari satu jenis demi memperoleh berat badan yang ideal. Jika Anda sedang mencari tahu diet sehat seperti apa yang tepat untuk menurunkan berat badan, maka dapat menyimak jenis-jenis diet sehat berikut ini. Pilihlah jenis diet yang cepat untuk menurunkan berat badan Anda yang tidak akan mengganggu risiko kesehatan.

Diet Sehat Dengan Jenis Diet Atkins

Diet atkins merupakan jenis diet yang fokus untuk mengkonsumsi sumber rendah karbohidrat. Atau dapat pula disebut sebagai diet rendah karbohidrat. Diet atkins pertama kali diteliti tahun 1972 oleh dokter ahli kesehatan bernama Robert Atkins. Sehingga diet ini dikenal dengan diet atkins sesuai dengan nama dokter penemunya. Namun bukan berarti Anda hanya diperbolehkan untuk konsumsi makanan rendah karbohidrat. Menu tepat untuk dikonsumsi dalam menjalankan diet atkins ini adalah perbanyak menu rendah karbohidrat, protein, serta lemak. Dengan menghindari menu yang mengandung sumber tinggi karbohidrat. Lalu mengapa diet atkins begitu membatasi asupan menu karbohidrat? Alasannya adalah sumber karbohidrat dianggap sebagai salah satu penyebab mudahnya seseorang mengalami penambahan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi karbohidrat tinggi sama saja dengan menambah jumlah kalori di dalam tubuh. Dapat dikatakan, jika Anda ingin menjalankan diet atkins, maka akan efektif jika Anda memiliki kelebihan berat badan yang berlebihan alias sudah mencapai tingkat obesitas.

Diet tanpa resiko
Diet tanpa resiko
Diet Sehat Dengan Jenis Diet Vegetarian
Diet vegetarian merupakan jenis diet yang fokus untuk mengkonsumsi sumber vegetarian saja. Vegetarian adalah makanan yang hanya berasa dari sayur-mayur. Anda tidak diperkenankan untuk konsumsi sumber hewani. Diet vegetarian sendiri masih terbagi dalam beberapa jenis. Mulai dari diet Lacto-Ovo-Vegetarian, diet Lacto Vegetarian, diet Pescovegetarian, serta Living Food diet. Sempat menjadi pro dan kontra ketika diet vegetarian ini muncul. Sebab orang yang menjalankan diet ini hanya mengkonsumsi sayur-mayur. Tidak ada daging, buah, ataupun lainnya kecuali sayuran. Sehingga membuat tubuh hanya dipenuhi sumber nabati dan asupan gizi tertentu. Namun menurut penelitian yang dilakukan terhadap orang yang menjalankan diet vegetarian, dijelaskan bahwa diet vegetarian diperbolehkan karena lebih cepat untuk menurunkan berat badan. Dan keuntungannya adalah orang yang menjalankan diet vegetarian ternyata lebih beruntung dalam usia kehidupan yang lebih lama.

Diet Sehat Dengan Jenis Diet OCD

Diet OCD merupakan jenis diet yang fokus seperti seseorang menjalankan puasa. Diet OCD dipelopori oleh mentalist ternama yaitu, Deddy Corbuzier. Diet OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet awalnya sempat dikatakan sebagai jenis diet yang tidak direkomendasikan. Namun dengan melihat hasil nyata sang mentalist, maka diet OCD pun akhirnya banyak pula yang melakukannya. Lalu bagaimanakah diet OCD dilakukan? Pertama kali Anda diharuskan untuk berpuasa selama enam belas jam dengan rentang waktu untuk makan adalah delapan jam. Jika Anda mulai makan di jam dua belas siang, maka Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman apapun tanpa batasan hingga jam delapan malam. Dan setelah itu, Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan apapun hingga masuk jam dua belas siang kembali. Namun masih diperbolehkan untuk minum hanya air mineral. Diet OCD dilanjutkan kembali di hari berikutnya dengan melakukan puasa selama delapan belas jam dengan rentang waktu makan adalah enam jam. Dalam rentang senam jam tersebut, Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan sebanyak tiga kali. Selanjutnya, di hari berikutnya, Anda harus berpuasa selama dua puluh jam dengan rentang waktu makan adalah empat jam. Dan diet OCD diakhiri dengan melakukan puasa dengan rentang waktu dua puluh empat jam. 

Diet Sehat Dengan Jenis Food Combining Diet

Food Combining Diet merupakan jenis diet yang fokus untuk mengkombinasikan makanan yang hendak dikonsumsi. Ada tiga metode diet yang akan Anda jalankan dalam food combining diet ini. Metode pertama adalah metode Diet Makan Tanpa Rasa. Metode ini mengharuskan Anda untuk mengkonsumsi makanan tanpa mengandung rasa. Jadi apapun yang akan Anda makan tidak memiliki rasa manis, asam, gurih, pahit, ataupun umami. Anda mengkonsumsi makanan seperti tidak diberi bumbu apapun. Metode kedua adalah metode Diet Makan Nasi Merah dengan Dada Ayam. Metode ini mengharuskan Anda untuk hanya mengkonsumsi nasi berupa nasi merah dengan lauk dada ayam. Namun jika Anda bosan dengan lauk dada ayam, maka dapat menggantinya dengan ikan. Metode ketiga adalah metode Diet Tanpa Konsumsi Nasi. Metode ini mengharuskan Anda untuk hanya mengkonsumsi lauk-pauk tanpa nasi. Metode ketiga ini menganjurkan Anda untuk menghindari konsumsi nasi.

Diet Sehat Dengan Jenis The Zone Diet

The Zone Diet merupakan jenis diet sehat tanpa menimbulkan risiko yang mengandalkan rasio dari tiga sumber gizi. Yaitu, karbohidrat perlu dikonsumsi sebanyak empat puluh persen. Protein perlu dikonsumsi sebanyak tiga puluh persen. Lemak perlu dikonsumsi sebanyak tiga puluh persen. Sehingga menghasilkan perbandingan karbohidrat:protein:lemak = 4:3:3. Namun tidak sembarang sumber karbohidrat yang dikonsumsi. Untuk jenis The Zone Diet ini hampir sama dengan diet Atkins, Anda hanya diperbolehkan konsumsi jenis makanan rendah karbohidrat. Dan untuk protein maupun lemak masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis apapun asalkan seimbang. Jenis The Zone Diet ini akan efektif bekerja jika Anda memilih sumber gizi dari minyak zaitun, kacang-kacangan, serta buah alpukat.

Diet Sehat Dengan Jenis Raw Food Diet

Raw Food Diet merupakan jenis diet yang fokus mengkonsumsi jenis makanan mentah. Anda yang memilih diet ini, maka tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan dengan diolah. Anda harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan tanpa pengolahan alias mentah. Tidak digoreng, tidak dikukus, tidak direbus, dan tidak dipanggang. Menurut penelitian, orang yang menjalankan Raw Food Diet dapat cepat menurunkan berat badan dan menjaga daya tahan tubuh selalu sehat. Sebab dengan mengkonsumsi jenis makanan mentah, maka gizi-gizi dalam makanan masih saja jumlahnya atau tidak banyak yang hilang.
Berbagai jenis diet yang disebutkan di atas pastinya sudah dijalankan oleh orang-orang diberbagai negara. Anda dapat memilih jenis diet di atas sesuai dengan kesanggupan dalam menjalaninya. Selain itu disesuaikan dengan respon tubuh Anda apakah cepat atau lambat dalam menjalankan diet tersebut. Sudah pasti respon tubuh setiap orang berbeda-beda. Jadi, Anda pastinya tahu mana jenis diet yang mudah untuk Anda jalankan dari salah satu jenis diet sehat tanpa menimbulkan risiko.
Loading...

0 Response to "Ini Dia Jenis-jenis Diet Sehat Yang Membuat Berat Badan Ideal"

Posting Komentar