Jenis Autisme Pada Anak Yang Perlu Diketahui

Loading...
loading...
Dalam lingkup masyarakat tentu kita sering mendengar anak autis, yaitu anak yang mengalami gangguan dalam berkomunikasi, berinteraksi, pola bermaindan perilaku emosi yang tidak wajar. Hal itu dapat disebabkan karena kelainan perkembangan saraf pada masa pertumbuhan atau sejak lahir. Anak seperti itu dapat dideteksi sejak anak berada dalam usia 6 bulan. Dengan cara mengajak anak Anda untuk berkomunikasi lebih sering dan menjalin interaksi ringan seperti menatap matanya dan mengajak bicara. Jika anda ayunkan tangan di hadapannya, daya responnya akan lambat, bahkan tidak merespon. Lambat laun, ia akan mengalami perkembangan berpikir yang terlambat. Itu dibutuhkan  terapiyang lebih lanjut. Sebenarnya, autis itu berbeda-beda jenisnya. Untuk mendeteksi gejala autisme di sekitar kita, patut menjadi referensi anda tentang jenis-jenis autisme yang perlu diketahui sebagai berikut.

Jenis Autisme Pada Anak Yang Perlu Diketahui 

Gangguan autistik yang menyerang anak di bawah 3 tahun


Anak dengan gangguan autistik sering mengalami permasalahan dalam berinteraksi sosial. Ia cenderung lebih sering murung dan sendirian. Untuk berkomunikasi sangat sulit sehingga ia lebih sering memendam apa yang ingin diungkapkannya. Di samping itu,ia juga sangat sulit membaca dan memahami permainan yang bertemakan imajinasi. Pada permainan itu,akan terdapat pola penginderaan untuk membayangkan sesuatu. Ia lebih menyukai hal yang praktis dan mudah.

Gangguan perkembangan menurun
 

Gejala yang dialami oleh penderita autisme jenis ini berbeda dengan gangguan autistik. Gejala ini lebih sering disebut PDD (pervasive developmental disorder). Hal ini dipengaruhi oleh kondisi pada saat kecil yang mengalami keterlambatan perkembangan fisik, kognitif, perilaku, dan sosial. Perkembangan otaknya mengalami penurunan sehingga mengalami keterlambatan dalam memahami serta merespon kemampuan dasar.Terapi pada kondisi ini memerlukan perlakuan yang berbeda. Pendidik harus lebih sabar dalam mengarahkan dan membimbingnya. Pendidik pun harus memiliki banyak metode untuk membuat mereka menjadi semangat dan memahami materi dasar.

Kelainan yang dialami perempuan berupa sindrom rett


Gangguan kejiwaan ini merupakan jenis autisme yang langka dan serius hanya dialami oleh perempuan. Sebagai orang tua bijak, hendaklah kita mengenali kondisi anak di sekeliling kita, karena sindrom ini dapat muncul pada anak di usia lebih dari 2 tahun. Dikatakan penyakit langka, karena menurut beberapa penelitian yang ada, hanya ada satu penderita dari 10.000 – 15.000 anak usia dini khususnya perempuan. Jenis penyakit ini tidak ada obat untuk menyembuhkannya, namun dapat dideteksi melalui gejala dan perawatan yang intens. Gejalanya,  otot tonus menghilang dan kehilangan fungsi tangan. Kemudian kemampuan anak Anda berbahasa dengan baik  dan interaksi terhadap lingkungan sosial menjadi menurun dalam rentan waktu tertentu. Bahkan anak tersebut tidak ingin berbicara dan mengelami kecemasan yang berlebihan. Anak dengan pengidap sindrom ini harus lebih sering diperhatikan karena mereka lebih mudah mengalami gangguan pernapasan dan mengalami kejang-kejang. Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan tersebut, hadirnya pendamping akan mengurangi gejala yang timbul, bahkan dapat sedikit-demi sedikit menterapi mereka untuk menjadi lebih baik dan meningkat.


Akhirnya, kita harus waspada dengan jenis-jenis autisme yang perlu diketahui agar secepat mungkin dapat meredam permasalahan tidak menjadi lebih parah.  Pendeteksian dini dan pola perawatan terhadap penyakit ini, lingkungan anak di sekeliling anda akan tertolong dan menjadi aman


Loading...

0 Response to "Jenis Autisme Pada Anak Yang Perlu Diketahui "

Posting Komentar