BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Kegunaan BCAA Yang Harus Kamu Ketahui


Sebelum membahas  tentang kegunaan BCAA, baiknya kami  jelaskan terlebih dahulu apa itu BCAA. Branched-chain amino acids  atau yang biasa disingkat BCAA dan memiliki arti yang sama dengan  Asam Amino Rantai Cabang, tergolong  dalam asam amino esensial sebab sangat berarti bagi kehidupan dan karena tubuh tidak bisa memproduksi zat ini. BCAA mempunyai 3 komponen  asam amino yakni  Leucine, Isoleucine, dan Valine serta membentuk sekitar 35-40 % dari asam amino esensial untuk protein tubuh dan sekitar  15% dari jumlah asam amino pada otot. 

Bagi Anda yang sedang persiapan mengikuti kontes binaraga biasanya sering mengkomsumsi BCAA dengan dosis yang tinggi. bahkan bagi mereka yang sudah melakukan diet ketat, konsumsi banyak protein dan berada dalam kondisi kalori berimbang juga tetap mengkomsumsi BCAA. 

manfaat BCAA bagi otot


Manfaat Suplemen BCAA 


  •  Menaikan massa otot

Bagi kebanyakan orang melahap suplemen yang berisi BCAA dengan maksud untuk menaikan massa otot. Memang benar BCAA telah terbukti mampu meningkatkan massa otot, terlebih jika mengonsumsi BCAA dengan kandungan leusin yang lebih banyak daripada isoleusin dan valin. Sepertinya, leusin memiliki fungsi  yang sangat penting dalam proses  pembentukan otot Anda.

Berdasarkan penelitian, BCAA sudah terbukti mampu membangkitkan enzim yang terlibat dalam proses pembentukan otot. BCAA  juga bisa meningkatkan kekuatan  tubuh guna melakukan sintesis protein yang ditujukan untuk  pembentukan otot serta menurunkan degradasi protein atau kerusakan otot.

  • Meningkatan kesehatan & kekebalan badan

Bagi Anda  yang sudah pernah mengonsumsi suplemen BCAA ini pasti sudah merasakan efeknya. efek baik yang diperoleh setelah Anda mengonsumsinya adalah meningkatnya kesehatan serta kekebalan tubuh. nutrisi serta komponen baik lainnya yang ada didalam tubuh dan mampu diserap dengan baik secara otomatis mampu tingkatkan daya kekebalan tubuh seseorang. pemulihan yang singkat setelah berolahraga juga menunjukan bahwa kebugaran dalam tubuh Anda meningkat.


  •  Mengurangi nyeri otot setelah olahraga

Penggunaan BCAA sebelum maupun setelah olahraga teruji  mampu mengurangi nyeri otot yang timbul  setelah olahraga. cara kerja BCAA dengan  menurunkan kadar enzim kreatin kinase serta laktat dehidrogenase, yang memiliki hubungan  dengan kerusakan otot. Dengan cara ini, BCAA dapat  melindungi Anda dari kerusakan otot dan  mempercepat pemulihan.

khasiat lain dari  BCAA yaitu juga dapat membantu mengurangi keletihan fisik setelah Anda berolahraga.Hal itu diperkuat dengan  penelitian yang menunjukkan bahwa BCAA dapat meningkatkan ketahanan terhadap kelelahan dan membantu Anda menyimpan lebih banyak energi dalam otot  .


  •  Membantu menurunkan berat badan

Leusin ternyata juga turut  membantu menambahkan  pembakaran lemak serta menyetarakan kadar gula darah. Kandungan leusin & isoleusin yang terdapat dalam suplemen BCAA berfungsi juga  meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, hingga otot Anda memiliki daya serap  gula lebih banyak hingga menurunkan kadar gula darah tubuh Anda. sekedar informasi, kadar gula darah berimbang  sangat ampuh  mencegah Anda dari berlebihan berat badan. Dengan proses ini, penggunaan BCAA juga berperan sebagai asupan untuk menurunkan berat badan Anda yang berlebih.




Demikian manfaat BCAA secara umum yang bisa kami rangkum dan sajikan untuk Anda pembaca setia IDGETFIT.COM . Sebagai catatan suplemen BCAA ini  juga tidak dicerna di dalam usus kecil dan liver sebanyak jumlah whey atau makanan yang Anda konsumsi.Oleh karna itu mengonsumsi suplemen BCAA itu hampir sama efektifnya dengan suplemen BCAA yang menggunakan metode  injeksi, karena sama-sama terserap oleh darah dengan waktu cepat.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar