Kelebihan Latihan Menggunakan Dumbbell Dibandingkan Barbell

loading...
Dumbbell adalah alat angkat beban berukuran kecil jika dibandingkan dengan ukuran alat fitnes yang lain. Beban pada alat ini bermacam-macam, mulai dari yang hanya 1kg yang umumnya digunakan untuk aerobik hingga yang berukuran puluhan kilogram yang dapat digunakan untuk membentuk massa otot. Alat ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu fixed weight (berat tetap) dan adjustable weight (beban dapat dirubah dan disesuaikan), umumnya harga dumbbell yang adjustable lebih mahal. Selain itu bahan yang digunakan juga ada yang terbuat dari plastik ada pula yang terbuat dari logam. Harga dumbbell ada yang murah ada pula yang relatif mahal tergantung dari jenis dan bahan yang digunakan.

Bentuk dumbbell yang kecil membuat orang banyak mengira bahwa alat ini tidak se efektif barbell yang memiliki ukuran besar sehingga terlihat sangat mantap untuk latihan pembentukan otot. Namun yang perlu kita ketahui adalah latihan menggunakan dumbbell memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan latihan menggunakan barbell. Dalam artikel ini GET FIT ID akan memberikan beberapa kelebihan alat ini.
Latihan menggunakan Dumbbell
Dumbbell

7 Keuntungan latihan dengan dumbbell:

1. Lebih ekonomis
Alat fitnes umumnya berharga sangat mahal sehingga sulit untuk dimiliki secara pribadi. Namun berbeda dengan dumbbell, alat ini relatif murah karena termasuk alat yang simpel. Selain yang terbuat dari logam, ada juga yang terbuat dari plastik yang diisi dengan semen sehingga harga dumbbell pun jauh lebih murah.

2. Lebih praktis
Selain harganya murah, dumbbell juga sangat praktis dibandingkan alat fitnes lainya. Ukurannya yang kecil membuat alat ini tidak membutuhkan ruangan yang besar, dan dapat diletakkan dimana saja. Kita bisa membeli alat ini untuk melakukan latihan di rumah sehingga kita tidak perlu pergi ke gym hanya untuk melakukan latihan angkat beban.

3. Bisa digunakan untuk banyak variasi gerakan latihan
Alat fitnes umumnya hanya dapat digunakan untuk melakukan 1-3 variasi gerakan. Namun berbeda dengan dumbbell, alat ini dapat digunakan untuk melakukan lebih dari 30 variasi gerakan seperti hammer curl, bicep curl, dan lain sebagainya. Selain itu dapat juga digunakan untuk latihan selain angkat beban seperti aerobik.
Latihan menggunakan Dumbbell dibanding barbell
Latihan dengan dumbbell vs barbell

4. Dapat melatih seluruh otot tubuh
1 alat fitnes biasanya hanya digunakan untuk melatih sebagian kecil otot tubuh kita seperti barbell yang hanya melatih tubuh bagian atas atau leg press machine yang hanya melatih betis dan paha. Namun dumbbell dapat digunakan untuk melatih seluruh otot tubuh karena ada banyak sekali variasi gerakan yang dapat dilakukan mulai dari melatih pergelangan tangan, lengan, bahu, dada, hingga otot kaki.

5. Dapat focus pada satu bagian otot
Dalam perkembangan otot kadang terjadi masalah berupa ketidakseimbangan salah satu bagian otot yang mengakibatkan lengan bagian kiri dan kanan ukurannya berbeda. Barbell memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan 2 lengan untuk melakukan gerakan dengan menggunakan alat tersebut sehingga kita tidak bisa fokus pada salah satu bagian saja. Namun dumbbell berbeda, karena terdiri dari satu bagian kecil maka kita dapat melakukan latihan yang fokus pada salah satu lengan saja.

6. Keseimbangan otot
Secara umum variasi latihan menggunakan dumbbell tidak melatih satu bagian saja melainkan satu set otot sebagai contoh jika kita melakukan bicep curl maka yang terlatih tidak hanya otot bicep namun juga bahu dan sebagian otot dada. Latihan semacam inilah yang akan membuat keseimbangan pada otot-otot kita termasuk memperkuat sendi-sendi.
Loading...

0 Response to "Kelebihan Latihan Menggunakan Dumbbell Dibandingkan Barbell"

Poskan Komentar