BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

6 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Manfaat pemanasan sebelum olahraga - Salah satu aktivitas yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita adalah olahraga. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang cukup berat dan melelahkan. Ketika berolahraga tubuh akan bekerja secara extra yang membuat otot, tulang, sendi serta jantung kita harus memaksimalkan performa nya. Namun, Memaksimalkan performa tubuh untuk berolahraga tidak dapat dilakukan begitu saja karena dapat menimbulkan cidera atau pun kurang maksimal nya performa ketika berolahraga.
Untuk mendapatkan performa tubuh yang maksimal ketika kita berolahraga kita harus melakukan pengkondisian agar tubuh kita menjadi siap untuk melakukan aktivitas yang berat. Pengkondisian tubuh sebelum olahraga inilah yang disebut dengan pemanasan. Kebanyakan orang hanya mengenal pemanasan sebagai peregangan untuk menghindari kram, namun sebenarnya masih banyak manfaat lainnya. Pada artikel ini Get Fit ID akan membahas mengenai beberapa manfaat pemanasan sebelum olahraga.
Gerakan pemanasan
Gerakan pemanasan

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga:

1. Mencegah resiko cidera
Fungsi pemanasan yang paling umum diketahui orang adalah mencegah resiko cidera. Ketika kita langsung berolahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu maka kondisi otot-otot kita ketika itu sangat kaku. Otot yang kaku membuat otot tersebut menjadi tidak fleksibel  dan tidak siap untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga sehingga akan menimbulkan cidera seperti keseleo hingga otot yang robek. Tentu saja hal ini sangat berbahaya, karena itulah pemanasan menjadi sangat penting untuk dilakukan.


2. Memperlancar peredaran darah
Melakukan pemanasan juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga suplai oksigen keseluruh tubuh menjadi lancar dan lebih baik. Dengan suplai oksigen yang menjadi lebih baik maka performa fisik kita dalam berolahraga juga akan meningkat.

3. Meningkatkan mental dan fokus
Pemanasan juga memiliki manfaat psikologis yang dapat meningkatkan mental dan fokus kita selama berolahraga. Pemanasan membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang sehingga ketegangan akan berkurang. Kondisi rileks ini membuat mental dan fokus kita lebih terjaga.

4. Membuat tubuh lebih elastis dan flesksibel
Selain meningkatkan metabolisme tubuh pemanasan dengan gerakan peregangan juga dapat membuat tubuh lebih elastis dan fleksible yang membuat tubuh dapat melakukan lebih banyak gerakan dan dapat menghindari resiko terkena kram otot dan hal-hal yang mengganggu lainnya.

5. Mengurangi asam laktat pada tubuh
Asam laktat adalah zat yang meningkat jika kita melakukan aktivitas fisik. Ketika kita berolahraga asam laktat akan meningkat yang dapat membahayakan tubuh kita. Jika terlalu banyak asam laktat dalam tubuh maka zan ini akan tertimbun didalam darah dan otot. Pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga dapat mengurangi kadar asam laksat tersebut didalam tubuh kita sehingga resiko akibat kelebihan asam laktat dapat dikurangi.

6. Meningkatkan performa
Peningkatan metabolisme, peredaran darah, fleksibilitas, peningkatan mental dan fokus serta pengurangan resiko cidera akan membuat performa kita meningkat. Performa tubuh yang meningkat akan membuat kita dapat lebih baik dalam melakukan olahraga dan menghasilkan manfaat yang maksimal.

Itulah 6 manfaat pemanasan sebelum olahraga versi Get Fit ID. Tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga akan menimbulkan resiko yang berbahaya bagi tubuh kita. Itulah mengapa pemanasan adalah kegiatan wajib yang dilakukan sebelum berolahraga agar kita dapat melakukan olahraga secara maksimal.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar