BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

8 Manfaat Squat Yang Luar Biasa

Manfaat squat - Gerakan olah raga squat adalah gerakan yang sangat sederhana. Gerakan ini termasuk salah satu gerakan Bodyweight training yaitu latihan dengan menggunakan beban tubuh. Untuk melakukan gerakan ini anda dapat memulainya dari posisi berdiri lalu jongkok dan kembali ke posisi berdiri seperti semula. Selain sederhana, squat juga amat praktis karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Bagi anda yang baru mulai membentuk tubuh biasanya akan lebih fokus pada tubuh bagian atas anda, padahal melatih tubuh bagian bawah sama pentingnya. Anda bisa mulai dengan Squat untuk melatih tubuh bagian bawah anda. Squat adalah latihan yang tidak boleh ditinggalkan bagi orang yang hobi dengan body building atau sedang melakukan diet menghilangkan lemak tubuh. Walaupun gerakannya amat sederhana, namun squat memiliki banyak sekali manfaat yang amat baik untuk tubuh kita.  Dalam artikel ini Get Fit ID akan menjelaskan mengenai manfaat squat.
Manfaat squat
Manfaat squat

Manfaat Squat Bagi Tubuh Kita:

1. Membakar lemak dan kalori
Squat merupakan gerakan yang yang aktif dan dinamis sehingga membuat gerakan ini menjadi gerakan yang bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh secara efektif. Manfaat inilah yang membuat squat adalah gerakan waajib bagi anda yang sedang dalam program diet untuk membakar lemak.

2. Meningkatkan massa otot
Pola gerakan yang menggerakkan otot-otot akan membuat produksi hormon testosteron meningkat. Dengan meningkatnya hormon testosteron  ketika melakukan squat maka massa otot pun juga akan ikut berkembang karena dipicu oleh hormon tersebut.

3. Membentuk otot kaki
Squat adalah gerakan yang menggunakan otot tubuh bagian bawah. Diantara otot tubuh bagian bawah yang berperan paling aktif adalah otot kaki yang terdiri dari otot pantat, otot paha bagian depan, otot paha bagian belakang, serta otot betis. Dengan bekerjanya otot-otot tersebut maka secara otomatis otot-otot tersebut juga akan terbentuk dan semakin kencang.

4. Meningkatkan kekuatan
Seperti manfaat olahraga lainnya, squat juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Squat membuat massa otot meningkat dan otot menjadi lebih kencang sehingga hal ini akan membuat kekuatan kita menjadi meningkat. 

5. Meningkatkan Keseimbangan
Keseimbangan adalah faktor penting untuk mendukung aktifitas kita sehari-hari. Sering aktifitas kita sehari-hari memaksa kita untuk berdiri dengan satu kaki atau membawa beban ketika bergerak. Gerakan-gerakan seperti itulah yang membutuhkan keseimbangan tubuh kita. Dengan squat, kita akan membuat tubuh lebih seimbang karena squat akan meningkatkan koordinasi otak dan otot.

6. Meningkatkan kelenturan
Beberapa dari kita mungkin memiliki otot yang kaku sehingga sulit melakukan aktifitas seperti jongkok. Gerakan squat yang memaksa tubuh kita untuk jongkok akan membuat otot-otot kaki kita semakin fleksibel dan mempermudah kita dalam melakukan berbagai gerakan.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh
Squat membuat tubuh anda bergerak dan membuat fisik anda bekerja secara baik. Gerakan-gerakan yang timbul pada tubuh akan meningkatkan metabolisme tubuh anda sehingga proses pencernaan, pembuangan racun, dan pemanfaatan nutrisi akan semakin meningkat.

8. Mengurangi resiko cidera
Selain manfaat-manfaat diatas, squat juga dapat meningkatkan ketahanan otot yang lemah, ligamen, persendian serta jaringan ikat yang mana dengan meningkatnya ketahanan bagian-bagian tersebut maka resiko cidera pada tubuh kita akan berkurang.

9. Meningkatkan kemampuan fisik dalam beraktifitas
Dengan meningkatnya kekuatan otot, kelenturan, keseimbangan, metabolisme tubuh dan sebagainya maka hasil akhir dari gabungan manfaat-manfaat diatas yaitu membuat kemampuan fisik kita yang meningkat dan mempermudah kita dalam beraktifitas. Dengan itu kita akan dapat melakukan kegiatan yang sebelumnya sulit kita lakukan.

10. Meningkatkan produksi hormon testosteron dan produksi sperma
Manfaat yang terakhir adalah manfaat yang banyak orang tidak tahu yaitu bahwa squat dapat meningkatkan produksi sperma. Meningkatnya produksi sperma adalah akibat dari meningkatnya produksi hormon testosteron. Dengan meningkatnya produksi sperma maka kesuburan pria pun akan meningkat. 

Itulah 10 manfaat squat versi Get Fit ID. Walaupun tampak sederhana namun banyak sekali manfaatnya. Jika anda selama ini selalu memfokuskan melatih tubuh bagian atas anda, sekaranglah saatnya anda melatih tubuh bagian bawah anda dengan squat dan dapatkan seluruh manfaat tersebut.


Related Posts

Related Posts

3 komentar

  1. manfaatnya betul semua, latiah squat selama 1 bulan penuh bikin tenaga, energy, semangat bertambah full and fit.

    BalasHapus
  2. Nice.. Bermanfaat sekali, terima kasih

    BalasHapus