15 Cara Mengecilkan Paha Dengan Gerakan Olahraga yang Mudah

loading...
Cara mengecilkan paha - Masalah penampilan fisik yang banyak dihadapi adalah ukuran tubuh bagian bawah yang tidak proporsional dan cenderung besar sehingga terlihat kurang enak dipandang mata. Walaupun masalah ini umumnya dimiliki oleh wanita, namun tidak sedikit pula pria yang mengalami masalah ini. Masalah ini terjadi karena penumpukan lemak pada tubuh bagian bawah yaitu di bagian paha. Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah ini antara lain:

1. Gender
Wanita umumnya memiliki paha yang lebih besar daripada pria karena hormon esterogen wanita membuat penimbunan lemak terjadi dibagian bawah tubuh.
2. Genetik
Faktor genetik atau faktor keturunan sangat berpengaruh pada bentuk tubuh namun bukan berarti tidak bisa dirubah.
3. Pola makan
Pola makan yang yang tidak sehat dan berlebihan tentu akan membuat lemak menumpuk banyak di tubuh kita , tak hanya di paha namun juga seluruh tubuh.
4. Terlalu banyak duduk
Pekerja kantoran yang banyak duduk di kursi akan sangat jarang menggerakkan kakinya sehingga faktor seperti inilah yang akan membuat lemak di tubuh bagian bawah tidak terbakar.
5. Kurang olah raga
Faktor ini juga sangat berpengaruh. Olah raga berfungsi membakar lemak, kurang olah raga akan mengakibatkan lemak mengendap dalam tubuh. Artikel ini juga akan lebih fokus pada cara mengecilkan paha dengan olahraga,
6. Lemak
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lemak adalah penyebab utama dari masalah ukuran tubuh bagian bawah yang tidak proporsional, terutama pada wanita, karena tubuh wanita menyimpan lemak di bagian bawah tubuh.
7. Otot
Selain faktor-faktor diatas ada pula faktor yang alami seperti otot, otot yang sudah berukuran besar biasanya akan membuat paha menjadi besar, namun kita tetap harus melakukan olahraga karena jika tidak lemak akan membuat ukuran nya menjadi lebih besar.

Dengan mengetahui faktor-faktor penyebabnya kita menjadi dapat menentukan cara yang paling tepat untuk kita. Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi ukuran paha yang besar namun inti sebenarnya dari masalah ini adalah penumpukan lemak, sehingga cara mengatasinya hanyalah dengan mengatur pola makan rendah lemak dan olah raga yang fokus pada tubuh bagian bawah. Get Fit ID akan menjelaskan mengenai cara olahraga yang paling tepat.

Cara Mengecilkan Paha:

1. Squat
Squat adalah salah satu jenis bodyweight training yang berguna untuk melatih otot bagian bawah tubuh. Latihan ini akan membakar lemak dibagian paha hingga betis sekaligus melatih ototnya. Cara melakukanya sangat mudah yaitu dengan berdiri lalu jongkok lalu kembali lagi ke posisi berdiri. Anda dapat menambahkan berat dengan membawa dumble ketika melakukan squat untuk hasil yang lebih maksimal.  
Cara mengecilkan paha squat
Gerakan squat

2. Lunge
Latihan lunge merupakan salah satu bentuk latihan untuk melatih otot kaki dan membakar lemak yang mudah dilakukan. Caranya ialah mulai dari posisi berdiri lalu langkah kan satu kaki anda kedepan disertai dengan lutut kaki satunya diturunkan hingga menyentuh lantai, Setelah itu kembali ke posisi berdiri.


3. Fire hidrant
Cara mengecilkan paha yang selanjutnya adalah gerakan yang bernama fire hidrant. Anda hanya perlu memposisikan tubuh seperti pada gambar lalu angkat salah satu kaki anda ke samping. Lakukan secara bergantian.
Cara mengecilkan paha betis bokong Fire hidrant
Ilustrasi gerakan fire hidrant

4. Step up
Gerakan step up adalah cara yang mudah dilakukan. Untuk melakukan gerakan yang satu ini, anda membutuhkan kursi kecil atau tangga. Cara melakukannya adalah dengan melangkahkan kaki ke atas kursi lalu turunkan lagi. Anda dapat meninggikan tumpuan atau membawa dumble agar latihan ini menjadi lebih efektif. 

5. Calf raise
Calf raise adalah latihan yang sangat mudah namun merupakan cara olah raga yang dapat membantu pembentukan otot dan pembakaran lemak di bagian betis dan paha. Yang perlu anda lakukan hanyalah berjinjit lalu berdiri normal lalu ulangi sebanyak mungkin. Anda dapat menambahkan tantangan untuk melakukan gerakan ini dengan membawa dumble ketika melakukannya.
Cara mengecilkan betis calf raise
Gerakan calf raise

6. Plank jack
Gerakan plank jack sangat mudah dilakukan namun berfungsi baik untuk membakar lemak maupun membentuk otot bagian bawah tubuh kita. Cara ini sangat sederhana. Anda hanya harus memulai dari posisi awal push up dengan kaki yang dirapatkan lalu lakukan gerakan melebarkan kaki dengan sedikit melompat lalu kembali ke posisi awal.

7. Wall sit
Wall sit adalah gerakan yang statis namun berdampak signifikan pada pembentukan otot kaki dan pembakaran lemaknya. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyadarkan tubuh anda di tembok lalu turunkan badan hingga kaki berada seperti pada posisi duduk namun tanpa alas. Otot paha yang menahan berat anda akan terlatih dan terbentuk menjadi semakin padat. Lakukan gerakan ini selama mungkin untuk hasil yang maksimal.

8. Leg raise
Leg raise umumnya digunakan untuk membentuk otot perut namun gerakan ini juga merupakan cara yang efektif karena otot pada tubuh bagian bawah juga berperan sehingga efeknya akan membuat lemak dibagian paha anda terbakar. Cara melakukannya ialah dimulai dengan berbaring lalu angkat perlahan kaki anda keatas lalu kembali ke posisi semula. Pastikan kaki anda lurus ketika mengangkat ke atas.

9. Burpess
Latihan burpess ini adalah latihan yang amat baik untuk membakar lemak pada tubuh bagian bawah. Walaupun terlihat simpel namun sebenarnya melakukan gerakan ini cukup sulit dan melelahkan bagi anda yang belum terbiasa. Gerakan burpess yang memanfaatkan tenaga kaki untuk jongkok dan berdiri juga membuat seluruh bagian otot tubuh bagian bawah bekerja maksimal.

10. Hip raise
Hip raise adalah gerakan untuk melatih otot dan membakar lemak di bagian paha. Cara ini memanfaatkan otot pada paha yang menegang ketika melakukan gerakan ini. Untuk melakukan gerakan ini mulai dengan berbaring lalu tekuk lutut. Setelah itu angka pinggul ke atas hingga tubuh dari lutut hingga ke bahu menjadi lurus.

11. Mountain climber
Gerakan mountain climber adalah cara mengecilkan paha yang mudah dan juga berfungsi untuk membakar lemak tubuh bagian bawah. cara melakukannya adalah dengan posisikan tubuh anda seperti pada posisi awal push up lalu dorong salah satu lutut anda ke depan hingga mendekati perut. Setelah itu kembali ke posisi semula dan ulangi dengan kaki yang lain secara bergantian

Selain dengan 11 gerakan olahraga tersebut, kita juga dapat melakukan aktifitas-aktifitas lain untuk membantu proses pengecilan. Antara lain:

1. Lompat tali
Yang anda butuhkan untuk lompat tali hanyalah tali yang dapat anda beli di toko olahraga dengan harga murah. Gerakan melompat-lompat akan membakar lemak di bagian bawah tubuh anda. Lakukan kegiatan ini 10-15 menit untuk hasil yang maksimal.

2. Lari/ Jogging
Jogging maupun lari tentu saja adalah cara yang efektif untuk mengecilkan paha  karena seluruh otot tubuh bagian bawah akan bekerja ketika anda berlari. Selain itu, lari atau jogging sudah terkenal sebagai kegiatan yang membakar lemak dengan efektif.

3. Bersepeda
Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus sangat berguna untuk pembentukan otot tubuh bagian bawah dan pembakaran lemak. Selain itu kegiatan ini sangat lah mudah. Jika anda ingin mengecilkan tubuh bagian bawah anda cobalah mulai bersepeda untuk pergi ke kantor atau ke mana pun.

4. Hiking
Jika anda memiliki hobi Hiking atau pun hobi memanjat gunung maka teruskan hobi tersebut karena hobi ini sangat membantu proses mengecilkan pinggul, paha dan betis karena hobi ini membutuhkan kaki yang kuat dan mau tidak mau maka otot kaki anda akan terbentuk dan lemak di kaki pun akan ikut terbakar.


Itulah cara mengecilkan paha dengan 15 gerakan olahraga versi Get Fit ID. Jangan lupa bahwa melakukan olahraga-olahraga ini harus rutin dan teratur serta harus diimbangi dengan pola makan yang tepat agar hasilnya maksimal. Seperti olahraga untuk pembentukan tubuh lainnya, Latihan olahraga ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar hasilnya terlihat. Kuncinya hanya ketekunan dan kesabaran.
    Loading...

    2 Responses to "15 Cara Mengecilkan Paha Dengan Gerakan Olahraga yang Mudah"