Cara Melakukan dan Manfaat Pull Up Bagi Tubuh Kita

Loading...
loading...
Cara Melakukan dan Manfaat pull up - Pull up adalah gerakan olahraga yang sempurna untuk tubuh kita. Coba pikirkan, anda mengangkat seluruh beban tubuh anda setiap kali anda melakukan pull up tanpa perlu menggunakan alat dan hanya menggunakan tangan anda. Walaupun sederhana, tetapi gerakan ini membuat tubuh anda menjadi sesuatu yang istimewa.

Kekuatan dan kontrol terhadap tubuh bagian atas anda yang sebenarnya terletak pada kemampuan dalam menarik seluruh berat tubuh sendiri yang dilakukan berulang-ulang. Mendapatkan kemampuan itu bukanlah sesuatu yang mudah karena kita tidak hanya mengangkat beban tubuh kita tetapi juga melawan gravitasi. Pull up adalah cara paling tepat untuk mendapatkan kekuatan dan  kontrol tubuh bagian atas kita.
back cara dan manfaat pull up
Punggung terlatih dengan pull up

Memulai pull up pada awalnya akan terasa sulit terutama bagi yang belum mengerti cara melakukan pull up. Meskipun begitu, pull up adalah satu-satunya latihan dengan beban tubuh yang khusus melatih otot punggung dan biceps. Otot-otot tersebut merupakan otot yang sulit dilatih kecuali anda menggantinya dengan latihan beban. Jadi bagi orang yang hanya mengandalkan latihan dengan bodyweight, latihan pull up adalah hal harus dilakukan.

Anda harus memulai, walaupun pada awalnya hanya mampu melakukannya 1 kali. Yang penting anda harus berlatih agar dapat melakukannya satu kali, setelah itu hanya tinggal mengulangi gerakan ini berkali-kali ketika tubuh anda sudah lebih kuat. 

Karena itu GET FIT ID akan menjelaskan cara melakukan pull up dan manfaat yang didapat dari olah raga ini.

Langkah-langkah Melakukan Pull up:


1. Dead Hang
Latihan pertama agar mampu melakukan pull up adalah Dead hang. Dead hang adalah gerakan menggantung pada tiang pull-up. Latihan ini meningkatkan kekuatan hand grip. Caranya adalah pegang tiang pull up lalu angkat kaki anda hingga tidak menyentuh lantai. Tahan selama mungkin. Jika mampu menahanya lebih dari 10 detik, lanjutkan ke langkah ke 2.
dead hang cara dan manfaat pull up
Gerakan dead hang

2. Flex Hang
Langkah ke dua adalah flex hang. Flex hang adalah gerakan menahan posisi finish pada pull up. Tahan posisi tubuh seperti gerakan finish pull up dengan posisi dagu melampaui tiang pull up. Tahan selama mungkin. Jika mampu menahannya lebih dari 10 detik, lanjutkan ke langkah ke 3
flex hang cara dan manfaat pull up
Gerakan flex hang

3. Negative Pull up
Setelah mampu menahan flex hang lebih dari 10 detik, anda siap untuk gerakan ketiga yaitu Negative pull up. Seperti namanya, gerakan ini berkebalikan dengan pull up. Caranya adalah turunkan badan perlahan dari posisi flex hang ke posisi dead hang secara perlahan. Lakukan selama mungkin. Jika mampu melakukannya selama 10 detik maka lanjutkan ke langkah ke 4.

4. Body row.
Body row adalah gerakan pull up namun menggunakan tiang pull up yang rendah yaitu setinggi pinggang. Lakukan gerakan pull up namun dengan kaki lurus ke depan dan tumit menyentuh lantai seperti pada gambar.
Lakukan berulang-ulang sebanyak mungkin. Jika sudah mampu melakukannya lebih dari 10 kali, sudah saatnya anda melakukan langkah terakhir.
body row hang cara dan manfaat pull up
Gerakan body row

5. Pull up
Langkah terakhir tentu saja melakukan pull up dengan benar. Cara melakukan pull up adalah pegang tiang pull up dengan overhand dan mulailah dari posisi dead hang, tarik tubuh anda ke atas dengan kekuatan lengan sampai pada posisi flex hang, Pastikan dagu anda melampaui tinggi tiang pull up. Lakukan dengan perlahan untuk hasil maksimal.

Setelah mampu melakukan pull up bekali-kali ada baiknya anda melakukan variasi pull up lainya untuk menguji dan meningkatkan kemampuan anda.

Pull up merupakan gerakan olah raga yang sangat baik untuk tubuh, karena itu Banyak sekali Manfaat pull up yang didapatkan oleh tubuh.

Manfaat pull up:

1.Menyehatkan tubuh
Seperti olah raga lainnya, manfaat pull up tentu saja untuk menyehatkan tubuh. Jantung menjadi lebih sehat karena latihan pada tubuh bagian atas juga menggerakkan kerja jantung.

2. Membakar lemak.
Manfaat pull up yang lain adalah untuk membakar lemak secara efektif, karena merupakan latihan yang menggunakan Bodyweight, sehingga efek pembakaran lemak terjadi tidak hanya ketika latihan namun juga setelah latihan.

3. Meningkatkan koordinasi otot bagian atas
Pada dasarnya pull up melatih seluruh tubuh bagian atas karena itu akan menambah keseimbangan tubuh dan menstabilkan otot-otot bagian atas sehingga koordinasi antar otot tubuh bagian atas pun akan meningkat.

4. Melatih banyak otot sekaligus.
Latihan pull up juga melatih otot bagian dada, punggung, bicep dan tricep sehingga tubuh bagian atas akan terbentuk secara proporsional dan seimbang.

5. Melatih kekuatan Hand grip. 
Otot yang terlatih secara khusus adalah otot yang mendukung genggaman tangan yang bermanfaat untuk banyak hal terutama untuk latihan bela diri. Hanya sedikit jenis bodyweight training selain pull up yang melatih otot ini. Inilah salah satu manfaat pull up yang spesial.

6. Meningkatkan rasa percaya diri.
Manfaat pull up yang terakhir adalah dengan meningkatnya massa otot dan bentuk tubuh yang semakin indah pasti rasa percaya diri kita juga meningkat .

Jadi tunggu apa lagi, banyak sekali kan manfaat pull up? saatnya memulai melakukan pull up dari sekarang. 

Loading...

2 Responses to "Cara Melakukan dan Manfaat Pull Up Bagi Tubuh Kita"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Teknik faporit saya, karena dirumah dan ditempat kerja ada sebatang besi melintang yg sengaja dibuat diatas pintu untuk pull up. Efeknya memang sangat terasa sekali buat badan saya.

    BalasHapus