BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

7 Makanan Sumber Protein Nabati Untuk Vegetarian

Sumber protein nabati - Protein  sangat penting bagi tubuh karena Protein merupakan zat pertumbuhan dan makanan bagi otot kita. Jenis protein yang umum diketahui adalah protein hewani karena hampir semua daging mengandung protein. Untuk seorang vegetarian yang pastinya tidak mengkonsumsi daging tentu saja harus menemukan alternatif protein lain selain daging, yaitu protein nabati. Banyak makanan alternatif yang dapat dipilih oleh vegetarian memenuhi asupan protein mereka, antara lain:

1. Oat meal.
Oat meal adalah makanan yang umumnya digunakan sebagai pengganti nasi bagi orang yang peduli kesehatan jantungnya. Oat meal memiliki banyak keunggulan seperti menurunkan kolesterol, kaya serat, sangat baik untuk jantung dan dapat memelihara gula darah. Oat meal mengandung magnesium, fosfor, dan vitamin B1 sehingga dapat menjadi sumber energi. Hal ini membuat oat meal sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk di konsumsi secara rutin. Namun banyak yang tidak tahu bahwa oat meal juga mengandung cukup banyak protein yaitu sekitar 6g protein dalam satu mangkuk oat meal.

Sumber protein nabati
Sumber protein nabati
2. Kacang-kacangan.
Sumber protein nabati untuk vegetarian yang dapat menjadi alternatif lain adalah kacang-kacangan. Kacang mete, kacang almond, kacang tanah, kacang merah dan berbagai jenis kacang lainnya sangat kaya akan mineral, zat besi, vitamin B dan protein. Secangkir kacang-kacangan dapat mengandung 15g protein.

3. Biji-bijian
Banyak jenis biji-bijian yang umum diketahui di Indonesia seperti Biji wijen, biji bunga matahari, biji chia, biji gandum utuh, biji jagung dan lain sebagainya. Biji-bijian antara lain mengandung vitamin B, vitamin E, lemak tak jenuh, karbohidrat serta protein. itulah mengapa kita perlu mengkonsumsi biji-bijian.  Dalam setiap cangkir biji-bijian bisa terdapat 15g protein. 

4. Kembang kol
Kembang kol sering disebut juga dengan bunga kubis adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kita. Selain itu kembang kol juga mengandung sedikit lemak jenuh dan sangat sedikit kolesterol. Kembang kol juga merupakan sumber protein yang baik karena mengandung 5g protein/ 180g kembang kol. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan berlebihan dalam mengkonsumsi nya, karena mengandung goiterogen yang dapat membuat perut kembung. 

5. Brokoli
Brokoli berbentuk mirip dengan kembang kol hanya saja berwarna hijau dan kepalanya tidak sepadat kembang kol. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, brokoli juga bermanfaat sebagai obat dari macam-macam penyakit, anti oksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan sistem syaraf pusat (otak), meningkatkan intelektual dan kecerdasan serta banyak manfaat lainya. Kandungan protein dalam brokoli pun juga banyak yaitu sekitar 5g protein/180g brokoli.

6. Bayam
Bayam adalah sumber protein nabati yang berupa sayuran berbentuk daun-daunan. Protein yang dikandung dalam bayam sekitar 5g protein/ 180g bayam. Kandungan lain dari bayam adalah vitamin A, Vitamin K, serta Kalsium, Bayam bermanfaat untuk menutrisi tulang dan sendi, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, serta menyehatkan penglihatan. Yang perlu diperhatikan adalah bayam menjadi beracun jika lebih dari 12 jam sejak dimasak sehingga harus segera dikonsumsi setelah dimasak.

7. Tahu & Tempe
Yang sangat umum di negara kita adalah olahan kedelai yaitu Tahu dan Tempe. Di Indonesia makanan ini sangat populer karena sangat murah dan enak. Bahan dasarnya yang berupa kacang kedelai membuat makanan ini kaya akan protein nabati. Tahu dan tempe biasa diolah sebagai lauk pauk pengganti daging untuk kalangan vegetarian.


Itulah Sumber protein nabati untuk vegetarian yang mudah ditemukan Sehingga orang yang memilih menjadi vegetarian tetap dapat memenuhi asupan protein untuk mereka. Yang penting untuk diketahui adalah tetap makan dalam porsi yang wajar, karena meskipun makanan-makanan tersebut mengandung banyak gizi tetapi tetap akan menimbulkan efek buruk apabila dikonsumsi secara berlebih.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar