BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

10 Gerakan Fitness dan Olah Raga Dirumah Dengan Bodyweight Training.

Fitness dan olah raga dirumah dengan Bodyweight Training- Olah raga identik dengan kegiatan diluar rumah. Pada masa sekarang ini banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk berolah raga maupun tempat tinggal yang jauh dari sarana olah raga sehingga mereka tidak melakukan olah raga dengan alasan-alasan tersebut.

Ada solusi dari permasalahan tidak adanya waktu dan tempat untuk berolah raga, yaitu dengan fitness dan olah raga dirumah. Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja dan dalam waktu yang singkat. Berapapun waktu yang anda punya, 15, 10, atau pun hanya 7 menit, kita tetap bisa melakukannya, hanya tergantung bagaimana kita mengatur pola gerakan dan intervalnya. Yang paling efektif adalah Bodyweight Training, atau latihan yang memanfaatkan beban tubuh. Yang istimewa dari latihan ini adalah kita dapat melakukan bodyweight training tanpa alat.

Cara Fitnes atau Olah raga dirumah:

1. Push up
Push up adalah latian yang melatih otot lengan, bahu, dada, serta otot inti perut. Latihan ini sangat populer bagi yang melakukan  fitnes dan olah raga dirumah karena ini adalah latihan yang efektif untuk mendapatkan dada yang bidang dan membakar kalori. Cara melakukanya adalah letakkan telapak tangan dilantai, rentangkan tubuh anda ke belakang, lalu gunakan ujung kaki sebgai tumpuan. Turunkan tangan hingga siku membentuk sudut 90 derajat lalu angkat lagi ke posisi semula. Lakukan sebanyak mungkin yang anda bisa dan hasilnya akan segera terlihat pada tubuh anda.
Fitness dan olah raga dirumah push up
Gerakan Push up

2. Crunch
Crunch adalah latihan untuk otot perut. Crunch lebih praktis dari sit up karena bisa dilakukan tanpa harus ada yang menopang kaki kita.  Cara melakukan crunch adalah berbaring lalu angkat lutut hingga kaki dengan lantai berbentuk segitiga. Dorong kedepan tubuh bagian atas sampai miring 30 derajat dari  lantai. Lakukan berulang-ulang sesuai jumlah set yang sudah anda tentukan.
Fitness dan olah raga dirumah dengan crunch
Gerakan crunch

3. Plank
Plank adalah latihan keseimbangan dengan kekuatan tubuh bagian tengah. Plank melatih otot lengan, bahu, perut, dan paha. Plank sangat efektif untuk pembentukan otot perut agar datar dan kencang.
Cara melakukannya adalah tempel kan siku anda di lantai, lalu rentang kan tubuh anda dan gunakan ujung kaki anda sebagai tumpuan, tahan posisi ini selama mungkin.
Fitness dan olah raga dirumah dengan plank
Gerakan plank

4. Squat jump
Squat jump adalah latihan yang memusatkan pembentukan otot kaki terutama otot betis. Latihan ini sangat mudah, anda tinggal berdiri lalu jongkok lalu berdiri dengan melompat, lakukan berulang-ulang. Agar lebih menantang, anda bisa menahan posisi jongkok beberapa detik sebelum berdiri lagi.
Fitness dan olah raga dirumah dengan squat jump
Gerakan Squat Jump
5. Jumping jack
Jumping jack adalah latihan dengan menggerakkan seluruh tubuh. Jumping jack dilakukan dengan cara melompat dengan membuka tutup kaki dan menepuk kan tangan diatas kepala. Ini merupakan Olah raga yang mudah tapi membakar banyak kalori.
Fitness dan olah raga dirumah dengan jumping jack
Gerakan Jumping jack
6. High knee running in place
High knee running in place dilakukan dengan belari ditempat dengan lutut sejajar dengan pinggul. Lakukan selama yang anda mampu untuk membakar lebih banyak kalori.
Fitness dan olah raga dirumah dengan high knee
Gerakan High knee running in place

7. Lunge
Lunge adalah olah raga yang memusatkan pada otot kaki anda, terutama otot paha. Caranya dari posisi berdiri, langkah kan satu kaki ke depan sampai lutut kaki yang satunya hampir mengenai lantai. Untuk menambah tantangan nya, tahan posisi ketika lutut hampir menyentuh lantai selama beberapa detik sebelum berdiri lagi.
Fitness dan olah raga dirumah dengan lunges
Gerakan Lunges
8. Tricep dip.
Tricep dip melatih otot tricep. Caranya tempatkan tangan dibelakang punggung, gunakan tangan untuk menyangga tubuh dengan jari-jari menghadap ke depan. Luruskan kaki ke depan dan gunakan tumit sebagai tumpuan. turunkan badan secara perlahan lalu naikkan lagi. Agar lebih efektif gunakan kursi sebagai penyangga tangan.
Fitness dan olah raga dirumah dengan tricep dips
Gerakan tricep dips
9. Burpees
Burpees adalah gerakan kombinasi push up dan melompat, latihan ini menargetkan otot seluruh tubuh. Caranya lakukan push up lalu berdiri sambil melompat. Latihan ini sangat efektif untuk membakar kalori.
Fitness dan olah raga dirumah dengan burpees
Gerakan burpees

10 Step up. 
Step up adalah gerakan naik turun seperti sedang menaiki tangga. Dapat dilakukan di tangga maupun dengan kursi. Lakukan gerakan dengan cepat untuk memaksimalkan pembakaran lemak.
Fitness dan olah raga dirumah dengan step up
Gerakan Step up

Selain gerakan-gerakan tersebut masih banyak lagi variasi gerakan fitnes dan olah raga dirumah yang bisa dilakukan. Lakukan 3-4 sesi latihan per minggu agar tubuh kita tetap sehat. Untuk memperkuat tubuh, lakukan penambahan variasi gerakan, waktu latihan, atau repetisi gerakan. Dengan melakukan Fitnes dan olah raga dirumah ini, kita akan menjadi sehat walaupun tidak melakukan aktivitas olah raga diluar rumah.

Related Posts

Related Posts

2 komentar

  1. Mantap artikel
    Kunjungi juga,
    Www.medical-guideline.com
    Www.medical-academia.com
    Www.downloadanti.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus